Kamis, 10 Februari 2011

Bingka Roti Tawar Pandan


Yappp....saya akan selalu posting tentang penggunaan roti tawar dalam masakan...karena selalu nganggur dirumah...

Saya menggunakan nata de coco cubes sebagai pengganti kelapa muda,toh sama2 terbuat dari kelapa bukannn??? :) subtitusi saya ini terinspirasi dari salah satu pemenang lomba kreasi resep Wong Coco Nata de Coco, ternyata bisa juga di buat untuk kue...pantesan saya kalah,heheheheh....kreasinya kerennnn.....

Saya cobalah, dengan dag dig dug der seperti biasa, takut si nata de coco nya meleleh kena panas,hihihihi...pemikiran pemula begini nihhh.....dan ternyata gak meleleh loh, tetep berbentuk seperti itu (kotak maksute) dan pas di maem,,,,enyakkk banget lohhh....soale si nata de coco nya pas di makan mengeluarkan air kelapanya sedangkan bingkanya padat....

Trus, saya ga tau salah dimana, saat di oven,tiba2 si bingka ini mengembang tinggi...ealah pas di keluarin dari oven bantet...hehehehhe....eits,tapi di foto resepnya juga gitu bentuknya, bantet...ga ngembang...:):)

Resep saya dapet dari Tabloid Saji

Bahan2 :
  • 4 butir telur
  • 100 gr gula pasir (saya 80 gr aja)
  • 1/2 sdt garam
  • 8 lbr (150gr) roti tawar pandan, buang kulit pinggirannya (saya pake roti tawar putih,pake pinggiran)
  • 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pake Kara)
  • 1 tetes pewarna hijau tua
  • 1/4 sdt essens pandan
  • 150 gr kelapa muda, keruk panjang (saya pake nata de coco cubes, ga pake aernya tapi yahh)

Cara membuat :
  • Blender roti twar dan santan sampe lembut , sisihkan (saya susah nge blendernya,akhirnya di bejek2 aja pake garpu)
  • Kocok lepas telur,gula pasir dan garam
  • Masukkan campuran roti tawar,pewarna hijau tua dan esens pandan. Aduk rata
  • Tambahkan kelapa muda, aduk rata
  • Tuang di loyang bulat diameter 20 cm tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti
  • Oven 75 menit dengan api bawah suhu 150 derajat C sampe matang (saya pake otang,ngikutin suhu en menitannya juga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar