Selasa, 22 Februari 2011

Pilus Kentang


Pengen masak...tapi pengen yang murah meriah aja...saya bukalah buku klipping resep masak yang saya kumpulin sejak SMP...tapi klippingnya on - off - on - off sih...tergantung pas beli majalahnya ato ngga... Naah, saya tertarik dengan resep ini, belom kebayang rasanya sih...FYI, snack ini merupakan resep yang di buat oleh R.A Kartini....widihhh kebayang dulu ibu kita Kartini ini memasak snack ini di pagi/sore hari ditemani secangkir teh/kopi panas, sambil berdiskusi mengenai masalah pendidikan dan emansipasi wanita...wuitsss macaaaaan....

Selain murah meriah, gampang banget cara buatnya...testimonial saya terhadap resep ini,  hummm ini sejenis perkedel kentang, tapi dengan rasa manis dan aroma jeruk purut...( di resep mengharuskan pake kulit jeruk purut, saya mah make daun jeruk ajah,,,hehehehe)... rasanya sih biasa aja, mungkin karena saya sudah tersugesti bahwa ini tuh perkedel dan seharusnya asin, bukan manis...well, ini cuma masalah selera aja sihhh, lain padang lain ilalang, beda orang, beda rasa...hihihi..peribahasa ngaco dweeeh...

Resep dari : Majalah Femina
untuk 30 buah
Kalori per buah 39

Bahan2 :
  • 450 gr kentang, kupas
  • 1 butir telur ayam
  • 1,5 sdm gula pasir (saya pake 4 gr aja, rasa manisnya cukup samar saja)
  • 1/2 sdt kulit jeruk purut parut, jangan sampe kena putihnya ya (saya ganti pake daun jeruk iris tipiiiiis)
  • 50 gr tepung sagu
  • minyak untuk menggoreng
Taburan :
  • Gula bubuk

Cara membuat :
  • Kukus kentang dalam dandang panas hingga empuk, angkat, proses hingga halus, sisihkan (saya haluskan pake ulekan)
  • Kocok telur dan gula hingga gula larut, tambahkan kulit jeruk purut, aduk rata
  • Ambil 1/2 sdm adonan, bentuk bulat spt kelereng. Gulingkan dalam tepung sagu, hingga menutupi seluruh permukaannya
  • Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan
  • Goreng bola2 kentang dalam minyak banyak dan panas hingga kecoklatan, angkat, tiriskan (hati2 gosong)
  • Taburi gula bubuk, sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar