Sabtu, 19 Februari 2011

Poding Roti Berempah


Udah lah, ga usah nanya2 kenapa saya sering banget posting makanan berbahan dasar roti,hehhehe...

Resep ini dari majalah Femina jaman jadullll, saya sejak SMP hobi banget klipping resep, terutama dari majalah2 wanita,,,hahahhah padahal waktu itu saya masih piyik yahhh...jadinya waktu itu saya hobi baca majalah Femina khusus untuk klipping resep selain majalah2 abg lainnya...:)

As time goes by, klipping resep saya kondisinya mengenaskan...mulai hancur, akhirnya saya hanya bisa menyelamatkan beberapa....dan resep ini termasuk beberapanya ituh...

Rasanya enak, berempah dan segar krn ada kismis dan kulit jeruk,hmmmmm......adapun saus stoberinya memberikan efek sedikit asam...jadinya nano-nano deh...

Bahan2 :
  • 300 gr roti tawar buang pinggirannya (saya gak buang tuh)
  • 400 cc susu
  • 75 gr gula castor (saya pake 50 gr aja)
  • 50 gr krenten (ga pake...apaan sih tu?)
  • 75 gr kismis
  • 50 gr sukade / kulit jeruk, potong 1/2 x 1/2 x 1/2 cm (saya pake jeruk sunkist, trus di parut, hati2 kulit putihnya jangan di parut, ntar pait loh)
  • 50 gr mentega / margarin (saya pake minyak sayur)
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • Alumunium foil
  • Mentega/margarin secukupnya untuk mengoles loyang (saya pake minyak sayur)
Saus :
  • 150 gr selai strawberry larutkan dengan 350 cc air mendidih (saya pake 250 cc aja, soale kebanyakan...that;s why saus saya di foto terlihat kental sekali)
  • 1 butir cengkih
  • 5 cm kayu manis
  • 50 gr gula pasir (saya pake 25 gr)
  • 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
  • Campur roti tawar dengan susu, lumatkan dengan garpu sampai halus, aduk rata
  • Masukkan kismis,krenten,gula,kayu manis dan sukade,aduk rata
  • Sementara itu, kocok putih telur sampai kaku dan masukkan ke dalam campuran roti tawar
  • Dalam wadah lain, kocok kuning telur dan mentega/margarin, masukkan ke dalam campuran roti tawar, aduk rata
  • Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung panir. Tutup dengan alumunium foil
  • Tim atau kukus hingga matang, hidangkan dengan sausnya. (saya gunakan waktu 30 menit)
 Saus :
  • Didihkan semua bahan, kentalkan dengan tepung maizena, aduk rata, tunggu sampai mendidih yang kedua kalinya, angkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar