Jumat, 13 April 2012

Wisata Kuliner 1 : Jatinegara - Mester, Jakarta Timur

Hehehehehe...buat varian blog lagi, selain resep, eksperimen dan oleh2 ....Sebenernya banyaaaaak banget tempat yang bisa di laporkan untuk wisata kuliner, duluuuu waktu saya masih suka jajan...sekarang kan udah masak sendiri (hahahah, sok banget, padahal bikin mie, bikin pasta dst blm bisa)...nah jadinya saya blogging tempat-tempat yang harganya lumayan terjangkau (kalopun mahal itu juga jarang2,hehe)...

Okeh, kita mulai dari Jatinegara alias Mester, pasar di daerah Jakarta Timur. Mau tau asal-muasal pasar Jatinegara? bisa liat di Vivanews yaa...
Menurut saya, pasar ini bagaikan surga barang murah...gimana nggak, disitu dijual peralatan dan perabotan rumah tangga, sovenir nikah (pasti banyak yang tau nih, bagi calon pengantin), peralatan dan bahan-bahan kue serta makanan (wihhh anggota NCC ato bakulan kue pasti banyak yang kesini), grosir bayi, pakaian, jilbab, underwear,sepatu,sendal, dan seubrek lagi, gak ketinggalan...wisata kulinernya!!!

Nah, disini saya mau infoin spot-spot jajanan wisata kuliner di Jatinegara, jadi kalo abis belanja bisa leyeh2 di tempat makan ini...oh ya, mau ngingetin aja, karena disini adalah PASAR...Perlu saya ingatkan, kenyamanan tempat makannya itu kurang banget lah,,,,jadi jangan harapkan bakal ada kipas angin apalagi AC, lantai bersih, suara yang sunyi hanya terdengar lantunan musik jazz-malah adanya pengamen so mesti siapin recehan yang banyak, jangan harap.com dehh...tapi meskipun gitu, makanan di sini wajib coba dan ngangenin banget dengan suasana yang seperti itu...

1. Bakmie Ayam Jacky
Lokasinya bukan di dalam areal pasar, tapi di luarnya...patokannya? Naik busway yang turun di pasar mester/Jatinegara, masuk ke arah pasar, mentok, nah kita belok kiri, udah deh ketemu...dia lokasinya di hoek belok kiri itu...Agak sulit nyarinya sih, karena lokasi dia ketutupan sama tukang kolang kaling, soto mie, bakso, gorengan,dst..Begitu ketemu bakmie Ayam Jacky, langsung deh order mie ayamnya...dari pemilik sampe pelayannya, ramah semua...

heheh meskipun namanya bakmie, tapi dia jual mie ayam lowh...Mie ayamnya agak sedikit keriting, ada yang lurus juga, bentuknya kecil. Begitu dikasih seporsi mie ayam, kliatan ada ayam dan jamur merang sedangkan topping lainnya kalo pengen bakso,ditempatkan terpisah dengan kuahnya...

Mie ayam ini menurut saya mie ayam jenis chinese, karena menggunakan tong chai/sawi asin pada kuah mie ayamnya serta penggunaan minyak wijen pada mie ayam dan kuahnya...dan rasanya? nikmat bangeeeet, bikin saya ketagihan datang ke tempat ini...selain mie ayam standar, tempat ini juga bisa meracik ya-mien, itu loh mie ayamnya ngga berwarna putih tapi di kasih kecap...oh ya, jangan lupa kalo mesen mie ayam ini pake toge...widih, togenya seger dan besar-besar!
Untuk pelengkapnya, disediakan acar timun, sambel cair, cabe hijau yang direndam pake cuka atau pake sambel Belibis, suka2 deh...tapi saya sih sukanya pake acar dan sambel Belibis, mantapsss....
Satu lagi, cobain deh pangsit gorengnya...rasanya renyahhhh,garing tapi gak keras...mirip dengan pangsit goreng Bakmi GM,hehehehe...harganya? sekitar 13ribu rupiah per porsi, diluar penambahan baso dan pangsit yagh...

7 komentar:

  1. Seandainya saya dekat kepasar ini, pasti sering kesana deh. Btw trims sdh mampir.

    BalasHapus
  2. wahh….kayaknya enak tuh bakminya??
    Biasanya jajanan pinggir jalan seperti ini bakminya lebih enak daripada restoran mewah..

    makasih ya infonya…klo aku sih lebih suka kuliner korea, soalnya sensasi rasanya berbeda sekali dengan kuliner diIndonesia.. coba aja cek di Facebook KTO(Indonesia)

    Salam kenal dari
    gamesisort

    BalasHapus
  3. @mba Isnawati : Jangan lupa mampir ke pasar ini kalo ke Jatinegara
    @Rizkikurnia : Waah, saya belum pernah coba kuliner korea, makanya saya ikut KTO hehe...kuliner gretong (kalo menang :D)

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih infonya, kalau saya ke jatinegara suka dengan Bakso yang ada di sisi kanan pasar (masuk arah pasar mentok belok kanan (kalau jacky kiri) mentok langsung ketemu basonya).

    Salam
    Achmad
    www.Facebook.com/ayambejojatiwaringin

    BalasHapus
  5. wahhhh...patut di coba,hehehehe....terima kasih infonya pak..

    BalasHapus
  6. yang yummy di mana mas?kalau blh rekomen jika di bandung ada yg yummy sangat di mie naripan bandung, cek di www.mienaripan.co

    BalasHapus
  7. Menyediakan souvenir pernikahan melayani pengiriman seluruh wilayah indonesia

    souvenir pernikahan jatinegara

    BalasHapus