Senin, 09 April 2012

Ayam Panggang Santan

Variasi lain dari ayam panggang...tapi disini saya ganti pake sayap ayam....resepnya saya dapat dari majalah Sedap...Dan memang, dengan penambahan santan rasanya lebih gurih...finger licking deh!
Disini saya rubah cara pembuatannya, seperti biasa saya menggunakan sistem ungkep karena selain ayamnya matang, bumbunya juga lebih meresap...
Bahan2:
  • 1 ekor ayam, potong2 (saya ganti dengan 800 gr sayap ayam)
  • 2 1/2 sdt  garam
  • 2 sdm margarin
  • 5 sdm kecap manis
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • ½ sdt merica halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdt gula merah
  • 2 sdt air jeruk limau
Bumbu Halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
Sambal :
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 8 buah cabe rawit merah
  • ½ sdt terasi goreng
  • 10 buah gandaria, potong-potong
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 buah jeruk limau,ambil airnya
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus + daun salam sampai harum
  2. Masukkan ayam, santan, kecap manis,merica halus ,garam dan gula merah
  3. Ungkep sampai matang dan tersisa sedikit  air ungkepan
  4. Pisahkan ayam dengan air ungkepan
  5. Campur air ungkepan dengan mentega dan air jeruk limau
  6. Lumuri ayam dengan campuran ungkepan, bakar sampai matang
  7. Sambal gandaria : ulek semua bahan, tambahkan air jeruk limau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar