Minggu, 15 April 2012

Oleh-Oleh dari Palembang


1.Pempek Candy

Oleh-oleh dari Palembang dari suami tercinta...nah, ternyata pempek di Palembang itu ada yang kecil-kecil (mini size) juga...biasanya makan Pempek di Jakarta itu yang besar, cukup 1 pcs kapal selam kenyangnya udah minta ampyuuuun....nah mungkin...mungkiiin, dibuat mini size supaya gampang dimakan, dikemal kemil, gataunya udah makan 10 pcs,hahahahah....dan disini saya dapet 3 varian, kapal selam, pempek lenjer dan pempek adaan? (namanya itu ya? bulet gurih gitu deh, empuk pula...saya paling suka varian ini, selain pempek kulit)...jadinya lengkap deh 1 paket ada 3 varian..

Nah, berhubung dus pempeknya udah saya buang, saya foto yang udah saya pindahin ke wadah plastik...Penampakan pertama, pempeknya dibalut sama tepung maizena, katanya sih supaya ngga lengket pas di dalam kemasannya...nah sebelum digoreng, pempek ini dicuci bersih dulu dari tepung-tepung yang melekat itu...kalo saya, ada yang saya goreng langsung, ada yang saya bersihkan dulu...bedanya??kalo pake tepung, agak sedikit crunchy, karena faktor tepung maizena itu...

Selain penampakan, wangi ikan tenggirinya, hmmmmmm...bikin ngiler, padahal ini belum di goreng loh, tapi kalo kelamaan ditaro di tempat tertutup, bau juga lah....
Berlanjut ke kuah, disini kuahnya cair, jadi langsung bisa di makan...ada juga merek lain yang kuahnya kental banget dan harus di cairkan dengan air panas...hati2 sama kuahnya, berhubung saya takut pedes, setetes kuah ini tuh udah puedessss bangetttt, tapi saya suka banget sama wanginya, full of ebi dan bawang putih,heheh...vampires, here I coooomeeee....
Oh yaa....kalau ga sempet beli pempek palembang di asalnya...bisa beli via online..tapi emang rada mahal sih, anggap aja ongkos pesawat yah,heheheh...dan saya ngerekomendasiin AgenPempek...pelayanannya cepat, hari ini transfer, besok nyampe...hehe


2. Pempek VIco
 Penampakan ga usah di foto ya??fisik pempek sama aja kok...cuman dari sisi kemasannya...pempek Vico ini ga pake tepung sebagai penyalutnya...kayanya si pake minyak,tapi gatau deh...soale langsung lep dan langsung ilang dari pandangan pempek mentahnya hehehhehe....saya ga bisa bedain rasa pempek,tapi yang kelas dari sisi tekstur pempek VIco lebih lembut ketimbang Candy dan pastinya pempek yang di impor langsung dari palembang pasti lebih enak ketimbang yang ada di jakarta...terutama cukonya! nah, yang bisa membedakan antara Vico dan Candy adalah cukonya...cuko Vico ga pedes...jadi sesuai banget bagi yang ga suka pedesss....agak sedikit encer dibandingkan cuko Candy dan dia less ebi dan bawang putih, jadi ga ada tuh serpihan2 ebi n bawang putihnya...

3. Pempek AAn
Saya belum pernah cobain pempek ini...tapi saya posting aja deh...temen saya ngerekomendasiin pempek merek ini apabila budget buat beli pempek mefeeeeet....secara ya Candy n Vico itu mahal dan udah menjadi brand yang menjadi top of mind konsumen sebagai oleh2 pempek palembang...Jadi, saya waktu itu berkesempatan dinas ke Palembang,tapi pulang pergi...dan gitu dehhhh ga sempet deh mampir ke Pempek AAn ini...padahal saya udah telpon loh,,,,,dan u know whattt??dia punya paket pempek 50ribu dan bisa milih mau ikan laut atau ikan gabus...kalo ikan laut isi sekitar 47pcs mini dan kalo ikan gabus isi sekitar 30pcs mini...huaaaaa pengen garuk2 tanah ga siiiiiih saya telah melewatkan hal iniiii???!!! secara kapan lagi cobaaa ke Palembang??Jadi ceritanya curhat.com niiii hhehehehe...

Haiii...akhirnya saya uudah bisa merealisasikan beli pempek ini. yang varian ikan laut..nitip temen yang dinas,hehe...penampakannya, ni pempek bersalut minyak goreng dan kata temen saya sih supaya lebih awet trus ga terlalu wangi ikan seperti Candy...Vico jg ga terlalu kentara wangi sih, Candy yang sembriwing...pas selesai digoreng, dia jadi keriput menciut, tapi ga terlalu menciut si...tapi yang jelas rada kempes pas saja iris2 pake pisau...dan pas dimakan, ga terlalu kentara rasa ikan,dan mimpes...ga selembut Vico atau se kenyal Candy...Rasa cukonya pedes seperti Candy dengan serpihan ebi atau bawang putihnya..so menurut saya ini bisa jadi alternatif oleh2 yang murah meriah...tapi soal rasa, ga bs d bandingin sama VIco ato Candy..beda jauh dehhh...tapi bisa diadu dengan pempek yang ada di jakarta,hehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar