Senin, 09 April 2012

Tumis Pare Tempe

Iseng-iseng masak pare, sayuran yang sangat saya takutin dan belum pernah makan....hiiiy....soale paitttt...
Kenapa saya buat kalo saya nya sendiri ga doyan??well, it’s a request...jadi saya harus buat, hehe...
Resep saya dapat dari Asri78 dan saya rubah sedikit penyajiannya..Rasanya? paittt, huekkkk....tapi si pe-request suka tuh...jadi resep ini akan jadi menu keluarga saya dan saya harus belajar menyukai  makanan pare ini....yah, emang, makanan sehat rasanya gak enak...

Bahan2:
  • 500 gr pare, buang bijinya, iris tipis
  • 75 gr teri kering, goreng kering
  • 1 potong tempe ukuran 10x10x5 cm,iris kecil2
  • 5 buah cabe hijau, iris serong
  • 100 ml air
Bumbu iris:
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sachet kaldu bubuk rasa ayam
  • 2 buah cabe merah

Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu iris sampai harum
  2. Masukkan semua bahan, aduk rata
  3. Tambahkan air, masak sampai matang
  4. Angkat dan sajikan dengan taburan teri goreng

2 komentar:

  1. Mbak, kalo masak pare, biar nggak pahit parenya, setelah diiris-iris dikasih garam, remas-remas. Nanti akan keluar airnya berwarna kehijauan, buang deh...bisa diulang berkali-kali (aku sih biasanya 3-4 kali aja). Setelah itu baru dicuci bersih. Oiya, aku sukanya tumis pare itu sama cumi asin atau teri medan, dan dikasih cabe rawit yg banyak..maknyusssss..bisa nambah nasi terus tuh..hehe..semoga bermanfaat ya :)

    BalasHapus
  2. @Mba Zulfah : wah, trima kasih banget tipsnya mba...nanti saya praktekkan dan saya coba pake cumi asin....dah kebayang enaknya...

    BalasHapus