Rabu, 04 April 2012

Tumis Kangkung Belacan Tauco

Tumis kangkung by request! Haha, ga sih, suami requestnya pengen sayur aja, terus kepikiran tumis kangkung deh secara murah meriah,ihihihii dan ga repottt...

Resep merupakan penggabungan dari justtryandtaste dan anitasputra plus otak atik suami juga, loh kokkk???ia, pas saya masak di tengah2 gitu, suami dateng trus nanya ini itu, seperti " kamu pake air ya? kangkung kan udah ada airnya, jadi ga usah pake air" dan " ini kurang gurih ni, kamu pake apa? gula pasir? gula merah doooong" hihihi jadinya dia ikut2an bantuin masak deh...dan saya menepi dari wajan dengan manisnya, mempersilahkan dia masak :D

Dan rasanya???uenakkkk bangetttttt!!!!tauco,terasi dan ikan terinya bener2 pasangan yang mantapfff....apalagi kuahnya warnanya item2 cantik gitu, bikin nambah nasi panas lagi dan lagi,eheheheh...oh ya ini rasanya ngga pedes yaaa, so kalo mau pedes silahkan di tambahin rawit

So, this is it! Tumis Kangkung Belacan Tauco ala Meinekuechemrsp's Husband

Bahan2:
  •  2 ikat kangkung, siangi, cuci bersih, potong2 sesuai selera dan pisahkan antara batangnya dengan daunnya. Belah dua batangnya dan rendam dalam air garam 5 menit, cuci bersih dan rendam lagi di air biasa
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 sdt tauco (kebetulan saya pake tauco standar yang asin)
  • 1/2 sdm gula merah (tambahkan gula kalau masih terasa asin...asinnya datang dari tauco soale)
  • Sedikit air (optional ya, kalau mau agak kering ya gausah pake air , tapi kalau mau agak sedikit ada air ya pake air kurang lebih 3 sdm aja)

Bumbu Halus :
  • 2 buah cabe merah besar
  • 5 buah bawang merah
  • 5 buah bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 cm jahe
Taburan :
  • 3 sdm teri medan, rendam di air panas 5 menit, tiriskan, goreng sampai kering, angkat,sisihkan


Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus dan daun salam sampai wangi
  • Masukkan tauco, saus tiram dan gula merah, aduk rata (kalau mau ditambahin air, di bagian ini yaaa, cicipin rasanya, kalo kurang garam/gula bisa di tambahin di bagian ini juga)
  • Masukkan batang kangkung, aduk sebentar, tutup dengan tutup wajan diamkan 2 menit. 
  • Kemudian masukkan daun kangkung, aduk2 sebentar sampai layu dan masih berwarna hijau segar, angkat
  • Taburi dengan teri medan goreng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar