Selasa, 15 Maret 2011

Nasi Goreng Kunyit


Warnanya menarik hati yaaaa???ehheheheheh....

Resepnya saya dapet dari Iniaku, yang saya bayangin sih ini versi nasi gorengnya nasi kuning cuma ga pake santen...omong2 soal nasi kuning, waktu itu saya pernah dikasih nasi kuning sama temen kantor, rasanya uenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak bangetttttt, wangi rempah dedaunan gitu dehhh plus gurih, padahal lauknya cuma sambel,orek tempe en kering kentang, serasa makan ada lauk dagingnya....udah gitu saya makan tu nasi kuning jam 6 sore gitu, masih tahan & enak loh, padahal kan nasi kuning biasanya ga tahan lama karena ada yang pake santan...jadi pengen buat nasi kuning se enak nasi kuning itu....

Balik lagi ke nas gor ini, saya bela2in masak pagi2,hehehehhe padahal biasanya males masak pagi2....trus karena terngiang2 nasi kuning maka saya menambahkan rempah dedaunan seperti daun salam, sereh di geprek dan setengah lembar daun jeruk....and u know whatt? rasa nya mirip Nasi Goreng Tom Yum yang waktu itu saya buat, meski rasanya ga se trong nas gor tom yum itu....dan seperti yang di ketahui, nas gor tum yum tidak disukai oleh saya dan keluarga saya...untuuuuuung aja wanginya aja yang mirip,hehehehhe...So, next time saya hanya akan pake daun salam aja....ato mungkin ditambah daun pandan??tar coba deh,enakan mana, tapi kalo mau amannya, ya pake daun salam aja...

Rasa nasi gorengnya enakk, sensasinya beda, karena ga pake kecap seperti nasi goreng biasa...kekuatannya terletak pada bumbu bawang yang saya banyakin porsinya, wangi rempah daun dan rasa kecap ikannya yang wokeh...kalo rasa kunyit mah ga kerasa menurut saya...

Resep asli dari:
Seri Menu & Resep, Menu Istimewa, Yasa Boga, PT Gramedia Pustaka Utama

Ingredients:
  • 1 rice cooker kecil nasi dingin (dari 3 cup beras)
  • 150 gram dada ayam fillet, potong dadu (sesuai selera)
  • 150 gram udang, 1 udang dipotong menjadi 2 bagian (sesuai selera)
  • 1 genggam grean bean, kupas kulitnya (saya ganti pake 5 batang daun bawang,iris tipis)
  • 1 sdt kunyit bubuk (saya pake kunyit segar, kira2 10 cm supaya warnanya cantik, ulek,tapi dikira2 aja ya, kalo kebanyakan kunyit ntar rasa kunyitnya brasa banget...itu yang ngga qta mau kan....penambahan kunyit cuma untuk warna kuning doang,ngga kepada rasanya)
  • 5 buah cabe merah, iris tipis
  • 4 sdm kecap ikan
  • 5 buah bawang merah, iris tipis (pake 10 buah, saya ulek)
  • 5 siung bawang putih, cincang (pake 10 buah, saya ulek)
  • 1 sdm air matang (2 sdm air matang)
  • saya tambahkan : 3 lembar daun salam
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya (resep aslinya gak pake garam, soalnya kecap ikan udah asin) (ga pake)
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Pelengkap:
  • Telur dadar, iris tipis (ga pake)
  • Bawang goreng (ga pake)
  • Daun kemangi  (ga pake)

Directions:
1. Tumis bumbu halus (bawang merah,bawang putih, kunyit) sampai harum dan matang.
2. Masukkan daging ayam dan udang, masak hingga berubah warna.
3. Masukkan green bean, masak sebentar.
4. Tambahkan air matang, masak dengan api sedang hingga air habis.
5. Masukkan nasi, kecap ikan, gula pasir, garam, aduk rata dan masak hingga nasi panas.
6. Hidangkan dipiring beri taburan telur dadar dan bawang goreng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar