Sabtu, 12 Maret 2011

Ayam Goreng Bungkus Pandan



Ceritanya memanfaatkan akar daun ketumbar, soale orang rumah beliin daun ketumbar eeeeeeh ga beli seafoodnya (rencananya pengen buat Tom Yum ala  Wa'Len itu lohhhh)....naaah, daunnya udah kepalang busuk,soale beli kemaren....dan akhirnya dimana ada kesulitan,disitu ada peluang,ciehhhhhh....jadilah saya buat resep ini...

Pas di goreng si wangi pandan bangetttt...tapi kalo dari soal rasa si lumayan laaaah enak juga kok, si ayamnya itu karena di bungkus daun pandan jadinya masi ada juicy ayamnya getohhh...tapi wangi pandannya ga berasa pas di makan...kalo rasa akar ketumbarnya si lumayan brasa sembriwing...di resep disuruh pake santan,tapi saya kan berusaha menghindari santan, jadinya pake susu....kalo pake santan  pasti brasa enak banget dehh...

Resep dari Majalah Femina jaman jadul juga,hhihihihihi...


Bahan2 :
·         1 kg daging ayam, potong2 dadu 2x2x2 cm
·         200 ml santan dari ¼ butir kelapa (saya ganti susu cair tawar)
·         1 sdm kecap asin
·         1 sdm kecap ikan
·         1 sdm gula palem/gula merah
·         ½ sdt garam
·         1 sdt merica hitam bubuk (saya pake merica biasa)
·         Minyak untuk menggoreng
·         Bebrapa lembar daun pandan wangi yang lebar (saya ga ketemu daun pandan yang lebar besar, terpaksa pake daun pandan biasa aja)
·         Lidi yang halus & tajam untuk menyemat

Haluskan :
·         6 butir bawang merah
·         6 siung bawang putih
·         50 gr jahe
·         10 buah cabe rawit (ga pake)
·         2 batang serai, ambil bagian yang putih,iris halus
·         25 gr akar daun ketumbar


Cara membuat :
·         Cuci bersih akar daun ketumbar, lalu haluskan bersama bumbu lainnya
·         Aduk ayam bersama bumbu halus,kecap asin,kecap ikan,gula palem,garam,merica dan santan hingga tercampur rata. Diamkan selama 30 menit supaya bumbu meresap
·         Siapkan daun pandan yang lebar,potong sepanjang 10-12 cm, jika daun pandan masih keras, jemur sebentar supaya layu
·         Ambil 2 lembar daun pandan,dan susun hingga menjadi lebih lebar. Beri 1-2 sdm adonan ayam
·         Bungkus ayam seperti bentuk tum, jaga kedua ujungnya tetap rapat, supaya adonan ayam tidak keluar sewaktu digoreng,semat dengan lidi (saya pake banyak lidi,hihihihihi, meskipun dijaga supaya adonan ngga keluar& bocor,tetep aja lah pasti ada yang bocor2 sedikit)
·         Goreng ayam bungkus daun pandan dalam minyak banyak dan panas selama 5-8 menit atau sampai ayam matang. Angkat dan tiriskan dengan baik,sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar