Kamis, 31 Maret 2011

Sayap Ayam Panggang Hoisin ala Keluarga Nugraha


Googling resep yang menggunakan saos Hoisin...karena saos Hoisin saya masih satu toples selai, banyak banget...kan males juga kalo cuman di pake buat tumis2an sayur, cocolan ayam/daging...
Akhirnya ketemulah resep ini, dari Keluarga Nugraha....resep aslinya sih pake daging iga, nah saya ganti aja dengan sayap ayam..kenapa saya masak sayap ayam melulu? soale sayap ayam tuh mungil,trus kl di camil2 gitu enyakkkk banget...kalo dada ayam,paha, dst, wah udah begah duluan perutnya..

Testimonial rasanya, widihhhhhh enaaaaaaaaaaaaaaaaaaak bangetttts....rasa saos Hoisinnya ngga begitu kuat, karena emang di campur2 dengan saos laennya, udah gitu rasanya berempah wangi,efek dari bunga lawang/star anise nehhh....jadinya tu pengen nambah2 en nambah lagi, kali ini dengan nasi,wedehhh lupa diet deh...

Di resep dicantumkan, kuahnya di saring, jadi bisa mendapatkan kuah yang kental dan berwarna hitam yang cantik...tapi saya ngga saring,karena saya pecinta bawang2an dan rasanya sayang aja si bumbu2 itu di buang...dan pas saya kemil pake nasi (wah ini ngemil ato makan besar yak?) kuahnya itu berasa semburat2 bawang en kulit jeruk...sumpah enak banget....orang rumah sampe ketagihan beratts, kalo sampe ketagihan brarti harus di ulang lagi ni resepnya,heheheheh...alias bikin lagi...

So, back tu resep...saya mohon ijin bagi Keluarga Nugraha, saya cantumkan resepnya...Terima kasih atas sharing resepnya ya...


Bahan2 :
·         1 kg iga sapi (weitsss saya ganti pake sayap ayam)
·         4 siung bawang putih, rajang halus (saya ulek)
·         1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
·         3 buah bunga lawang
·         150 ml saus hoisin
·         2 sdm saus tiram
·         2 sdm kecap asin
·         1 sdm garam
·         1 sdt merica bubuk
·         40 gr brown sugar / gula palem
·         500 ml kaldu sapi (saya pakai air biasa saja)
·         500 ml air lemonade/air soda (saya pakai air biasa saja)
·         1 buah jeruk manis,ambil kulitnya cincang kasar (saya tidak pakai kulit putihnya)
·         3 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap : (saya ga pake)
·         Nasi putih
·         Coy sum, dikukus

Cara membuat :
·         Panaskan minyak, tumis bawang putih,bawang bombay, jahe dan bunga lawang sampai wangi
·         Masukkan sisa bahan lainnya dan masak selama 3 jam sampai daging menjadi empuk dan air kuahnya menyusut (karena saya pakai ayam broiler, maka saya cukup 1 jam/patokannya air menyusut....kalo pake daging sapi, yaaa bisa 3 jam sesuai resep yah), angkat
·         Pisahkan antara ayam dengan kuahnya...lalu saring kuahnya (saya ngga di saring,krn saya sayang membuang bumbunya itu)
·         Sementara itu panaskan oven suhu 180 derajat C (karena saya males keluarin otang saya, saya panggang aja di atas wajan dengan dasar gurat2 memanjang itu, panggang terus sampai warnanya agak gosong sedikit)
·         Panggang ayamnya sampai berwarna kecoklatan
·         Hidangkan dengan pelengkap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar