Jumat, 11 Maret 2011

Ayam Suwir Saus Inggris by Ike


Sesuai referensi yang punya resep, mba Ike, rasa ayam ini western banget ,karena penggunaan saus inggris yakh...Rasanya enaaaaak banget, palagi pake nasi anget ngebul2, bikin pengen nambah terusss...

Jadi inget,dulu jaman SMP saya pernah buatin ayam suwir buat bapak saya, itu strategi saya, karena beliau ngga mau makan ayam broiler, maunya ayam kampung...sedangkan saya waktu itu salah beli ayam,hehehhehe...karena dia bisa membedakan mana ayam kampung en ayam broiler dari bentuk badan ayam dan bentuk tulangnya, akhirnya saya buat ayam suwir deh....tapi saya lupa resepnya kaya apa,heheh,,kayanya cuman ayam kecap manis aja dehh...dan hasilnya,,,,beliau tertipuuuuu....bapak saya makan ayam suwir saya dengan lahapnya...hihihihii...bis selesai makan,saya kasih tau deh, kaloo itu ayam broiler :)

Disini yang membedakan dengan resep mba Ike adalah cara pengolahan ayamnya, saya pake ayam broiler utuh ...karena pengen bikin kaldu ayam dan bebas lemak, maka ayamnya saya rebus, bukan di goreng...Hehe, memanfaatkan ayam nehh...Soale pengen banget bikin nasi ayam hainan nih, moga2 ada waktu buat bikinnya yah...

eh eh,,,tapi kok warna ayam suwir saya beda ya sama ayam suwir mba Ike,,,,kayanya difotonya lebih banyak bumbu en kliatan makyus dehhh...hihihi gapapa lah, ayam suwir saya kliatan pucat,tapi rasanya......no one can't resist....:)

Thanx mba for sharing the recipe...:) saya ijin copas yawgh

Bahan2:
  • 500 gr ayam fillet (saya pake ayam broiler utuh)
Bumbu perendam ayam : (saya skip, karena saya sistemnya di rebus, ngga di goreng)
  • 1 sdm saus inggris (worcestershire)
  • 1/2 sdt garam
  • Lumuri ayam dengan bumbu perendam selama kurang lebih 1/2 jam

Sausnya :
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih, rajang (saya pake 4 siung, ulek)
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 1 lembar salam
  • 3 sdm saus tomat
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus inggris
  • 1 sdm sambal cabe, bila suka
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica

Cara membuat:
  • Goreng ayam dalam minyak panas, samapai matang kecoklatan, dinginkan, dan suwir-suwir. (Kalo saya, rebus ayam dengan air mendidih yang cukup banyak , masukkan 3 cm jahe geprek, 4 siung bawang putih glondongan,bawang bombay iris, rebus api kecil selama 1 jam, ambil ayamnya,dinginkan,suwir2...sedangkan kaldunya bisa di pake untuk bahan2 makanan lainnya...)
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi, masukkan laos, jahe, salam, saos tomat, kecap, gula, garam, merica, saus inggris, aduk rata, pakai api kecil, cicipi rasanya
  • Masukkan ayam suwirnya, matikan api, aduk cepat, sampai rata dan meresap. (tahap ini, setelah ayam suwir dimasukkan,saya aduk terus dengan api kecil,sebentar aja biar meresap...baru deh api di matiin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar