Kamis, 31 Maret 2011

Puding Alpukat Saus Moka


Lagi banyak alpukat a.k.a avocado di rumah....sebenernya saya ngga terlalu suka alpukat, tapi tertantang aja pengen bikin makanan dari alpukat,apapun itu,heheheeh...tapi teteeeeep saya juga mikir, ni makanan bakal kemakan gag ya? jadinya pilih2 resep dewh...

Dari sekian banyak resep, saya kepincut resep dari Detik Food ini....rasanya unikkk, rasa alpukat yang samar (karena saya gunakan 1 buah alpukat ukuran sedang) dengan vla moka yang agak sedikit pahit2 gimanaaaa gitu, efek dari kopinya...cuman yang bikin bete, susu pada puding alpukat ini pecah, karena asisten yang membantu saya sibuk bolak balik nonton sinetron yang lebay itu....anak yang hilang/putri yang hilang/apapun lah yang hilang itu...untuk saus mokanya,warnanya cuantikkkk banget, mengkilat2 gitu, mungkin karena penggunaan DCC yawgh...

Oh ya....resepnya saya rubah ya, karena saya dapat info dari Pawonomah, alpukat itu ngga bisa di masak di atas api, dia harus dimasukkan terakhir dan api harus dimatikan, kalo dimasak diatas api, dia akan pahit....berbekal dari tips itulah, puding saya ngga pahit,yay!!!

Bahan:
  • 300 g daging buah alpukat, haluskan (saya pake 1 buah alpukat uk.sedang, sepertinya kurang,karena rasa alpukatnya samar2 gitu,dagingnya saya blender dengan sedikittt air)
  • 400 ml susu segar
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • 150 g gula pasir (saya pake 100 gr)
  • ½ sdt vanili bubuk (saya pake essens vanili)
  • Sedikit pewarna hijau (saya pake 1/2 tetes,hehheheh ayo, gimana tuh caranya 1/2 tetes??)

Saus Moka:
  • 500 ml susu segar
  • 1 sdm kopi bubuk instant
  • 100 g dark cooking chocolate, potong kecil (saya parut)
  • 100 g gula pasir
  • 1 kuning telur ayam (ga pake)
  • 1 sdm tepung miazena (saya pake 2 sdm,karena kurang kental euy)

Cara membuat:

  • Masak susu, agar-agar, gula dan vanili hingga mendidih. Aduk terus di atas api kecil, jaga jangan sampai pecah susunya. 
  • Setelah mendidih, beri sedikit pewarna,aduk2 cepat agar warnanya merata, angkat dari api kompor.
  • Masukkan alpukat yang telah di haluskan, aduk2 cepat sampai merata
  • Tuang ke dalam gelas-gelas saji. Biarkan hingga beku.

Saus Moka: 
  • Masak susu, kopi, cokelat dan gula hingga cokelat larut, menyatu dengan cairannya.
  • Aduk kuning telur dan tepung maizena hingga rata, beri sedikit adonan susu, aduk rata.
  • Tuang ke dalam adonan susu dan masak hingga kental dan mendidih.
  • Angkat dan dinginkan.(saya aduk terus setelah diangkat sampai vla nya dingin, supaya teksturnya bagus)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar