Sabtu, 12 Maret 2011

Roti Panggang Buah


Bisa di bilang ini memanfaatkan roti sisa,eh salah deeeeeng....sekarang saya tidak memanfaatkan roti sisa,tapi memanfaatkan buah strawberry yang dibeliin orang tua saya di Bandung....banyak banget strawberrynya, akhirnya uji coba resep ini pun kesampean....padahal dari jaman SMP ngliatin aja pengen bikin....

kalo saya bisa bilang sih, ini termasuk puding roti yaaaa....tapi beda banget dengan puding2 roti yang pernah saya buat...rasanya itu enakkkk, pertama karena roti panggang ini ada sedikit yang garing dan ada sedikit yang benyek karena terendam krim(saya pake susu) dan telur, jadi sensasinya beda deh...udah gitu, ada buah2annya yang asem manis plus sedikit crunchy taburan diatasnya yang wangi sembriwing spekuk (di resep disuru pake kayu manis, tapi disini saya gabungin)...

Next time saya mau buat lage aaaaahhhh....

Resep dari Majalah Femina tahun jadul :):)


Bahan2 :
·         25 gr mentega (saya ganti margarin)
·         6 lbr roti tawar,buang kulit/pinggirannya
·         300 ml krim cair (saya ganti susu tawar)
·         3 butir telur
·         1 kuning telur (saya pake 1 telur utuh,sayang putih telurnya soale)
·         2 sdm gula bubuk
·         200 gr daging buah mangga masak,potong 1x1x1 cm (saya ganti jeruk mandarin)
·         200 gr leci kalengan,tiriskan,masing2 belah 2 (saya ganti anggur)
·         150 gr buah nanas yg sudah bersih, potong2 (ga pake)
·         200 gr strawberry,bersihkan,masing2 belah 2

Taburan :
·         75 gr tepung self raising (tepung serbaguna dicampur tepung BT ,semua tepung2an deh yang sisa ada dirumah di campur, trus dikasi ¼ sdt baking powder,tapi oh tapi,saya lupa masukin baking powdernya,hehehehe)
·         1 sdm tepung maizena
·         500 gr gula tanjung (saya ganti gula palem)
·         25 gr mentega (saya ganti margarin)
·         1 sdt kayu manis bubuk
·         ¼ sdt pala bubuk (saya ganti bubuk spekuk)
·         1 sdm gula palem

Pelengkap :
·         Krim kental,jika suka (ga pake)

Cara membuat :
·         Olesi pinggan tahan panas volume 1,5 liter dengan mentega
·         Susun lebaran roti tawar di dasar dan keliling pinggan
·         Campur krim dengan telur,aduk rata. Kocok kuning telur dengan gula hingga gula larut,campur dengan adonan krim,aduk rata
·         Tuangkan adonan krim ke dalam pinggan yang berisi roti tawar tsb, biarkan selama 1 jam hingga terserap oleh roti
·         Susun buah2an di dalam pinggan dan tekan sedikit hingga permukaan pinggan rata
·         Taburan : aduk semua bahan taburan jadi satu
·         Taburkan bahan taburan ke atas buah2an dalam pinggan hingga rata. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat C hingga mengering permukaannya. Angkat,sajikan hangat dengan krim
Untuk 8 orang

1 komentar:

  1. Say...thanks ya udah mampir ke blogku, seneng deh bisa berkenalan ama mbak,salam ............

    BalasHapus