Rabu, 04 Maret 2015

Ketika Mas Dhanu Batpil

Pasti semua orang tua yang punya anak batita, balita pada stres deh kalo anak kesayangannya kena batpil...terutama ibunya (haha...maen gender ya saya)...

Batpil adalah salah satu musuh utama Mas Dhanu...kenapa dibilang utama? karena Mas Dhanu anak alergi juga....jadi ya harus extra ngilangin batpilnya...kadang nih udah coba cara RUM tradisional, ealah makin menjadi2 yaudah lah langsung deh ke Dokter Daniel di Hermina....kadang kalo Dokternya gak praktek, saya biasa ke Dokter Idham (yang ngantrinya amit2)...

Pernah loh Mas Dhanu batpil 1 bulan....trus karena alergi, ya ampun itu suara grok2 lendirnya kuenceeeeeng bangettt....kan kasian ya kalo anak balita gitu belom bisa keluarin lendirnya..yang adaa rungsing di tengah malam (karena kan kalo malem dingin...area pernapasannya jadi makin sempit akibatnya jadi susah napas deh)...Kadang kalo saya rada tega dikit, saya panggil fisioterapis khusus balita yang bisa keluarin lendir dengan cara di uap dan dimuntahkan (bapak ini jago loh membuat anak bisa muntah), nah tapiiiii.....ini ni yang  bikin ga tega.....Mas Dhanu akan nangis meronta2 kaya disiksa gitu...tapi lendirnya keluar banyak dan dia bisa makan dan bobo dengan nyaman....Kalo kasusnya berat, fisioterapis ini bisa datang 3 kali dalam hari yang berbeda...kadang saya ke RS nya juga, karena beliau suka sibuk...

Mundur sedikit, saya mau share pengobatan home treatment yang pertama kali dijalani Mas Dhanu, sebelum ke dokter dan sebelum panggil fisioterapis ini, yaitu :

1. Uap sendiri dirumah pake nebulizer, berbekal dosis obat yang sebelumnya diresepkan oleh dokter..setelah selesai diuap, biasanya saya tepuk2 sedikit punggung dan dadanya...(cara nepuk2nya brosing yakkk)
2. No kipas angin, no AC
3. Sediain magicom bekas, isi dengan air (jangan terlalu penuh), kasih 1 sendok muncung garam dapur, beberapa tetes minyak kayu putih (kalo asli lebih bagus), olbas, minyak telon (kalo ada), aduk2...terus set ke cook, tutup magicom...biarkan sampai beruap, buka tutupnya...dan biarkan aja dia mendidih...kalo airnya surut ya udah copot kabel listriknya....oya pastikan magicom ini jauh dari jangkauan anak2 dannnn pastikan kita jangan tidur terlelap yah...takutnya kebanyakan uap nanti menghirup karbon dioksida (bener ga yah teori ini..wkwk)..kalo saya mau tidur, pasti magicomnya saya cabut listriknya...
4. Tetesin pure baby atau olbas for children di atas bantal atau tisu
5. Banyakin minum air hangat
6. Banyakin makan sop hangat dengan banyak sayurannya dan bawang2an (bombay, merah,putih)
7. Oleskan balsam khusus bayi (saya pake Transpulmin BB) ke dada dan punggung bayi...balsam ini juga katanya ga boleh dipakai terlalu sering....jadi saya pakainya kalo lagi batpil aja
8. Tidurnya pakai bantal, agar nyaman
9.Hindarin makan goreng2an
10. Banyak makan buah....Mas Dhanu cocok sekali makan pepaya dan jambu merah...karena 2 buah ini kaya akan vit. C lebih banyak dari jeruk
11. Kasih susu dicampur madu khusus bayi..madunya cukup 1 sendok kecil bayi 1 hari sekali
12. Banyak-banyakin tidur
13. Kupas bawang merah (5 pcs), cuci, belah dua, taruh di mangkuk, letakkan di sudut kamar

Yah segitu sih home treatment yang selama ini saya lakukan...kadang manjur, kadang kaga...ada saran lagi kah harus bagaimana?

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus