Selasa, 30 Oktober 2012

Oleh-Oleh dari Majalengka

Udah tau tentang Majalengka?Kota kecil sih....nah saya dapet oleh2 dari kota ini

1. Mangga Harum Manis
 Setau saya Majalengka itu ciri khasnya buah mangga....selain buah maja di jaman dulu yahhh....bisa di pastikan setiap rumah yang ada pekarangannya punya pohon mangga, mpe pohon peneduh jalan juga ada pohon mangga! (kagum...) kayanya ga bakalan ada pencuri mangga deh disana,hehe..kebanyakan jenisnya harum manis ato mangga gedong gincu...dua mangga itu kesukaan semua orang, termasuk saya..dan tau gak?gedong gincu itu harganya merokeeeet banget kalo udah masuk supermarket besar...Sebaiknya kalo mau beli mangga dalam jumlah besar, beli lah di pengepulnya, jangan yang di pinggir jalan itu...harganya lumayan miring kalo di pengepul, malah bisa beli grosir yang udah di pak2 in dalam kayu..biasanya sih 20 kg atau 40 kg..jadi, kalo punya kenalan orang Majalengka, bisa tuh jadi guide ke pengepul mangga...

2.Gula Aren
 Orang tua saya suka gula aren...karena menurut mereka less sweet dan wanginya harummmm, khas bangettt...dan kalo di Jakarta harganya muahalll banget dibanding gula merah...kalopun ada, perlu di waspadai kemungkinan adanya oplosan atau palsu...busetttt sedemikian berharganya yah gula aren di kota metropolitan ini...

3.Teh tubruk cap Upet 
Saya sih dapetnya selalu ini kalo dapet oleh-oleh dari Majalengka...so, saya anggap ini adalah ciri khas Majalengka...oh ya, teh tubruk ini berwarna merah kecoklatan dan kalo diseduh sama air mendidih, warna merah kecoklatannya itu lamaaaa banget keluarnya...ada kali setengah jam an lebih baru keluar warnanya...so, saya selalu hati2 kalo bikin teh, kalo kebanyakan, bisa2 setengah jam kemudian teh saya warnanya jadi pekaaat banget

4. Kecap Majalengka cap  H.Suntama
Kecap ini berwarna hitam pekaaaat banget...rasanya ngga terlalu manis, cenderung ke sedang deh....kalo untuk cocolan, saya kurang suka, karena saya suka manis...tapi saya suka pake kecap ini sebagai campuran untuk semur, nasi goreng,daging sukiyaki atau apapun masakan yang membutuhkan warna hitam pekat...hasil akhirnya bagus deh






























































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar