Selasa, 16 Oktober 2012

AYAM BAKAR BUMBU PETIS


Menarik sekali ya judulnya....sehingga saya mau coba resep ini...ketertarikan saya ada dua, yaitu dari bahan2 resepnya yaitu petis dan kacang goreng....hummmm rasanya kaya apa yahhh???
Saat ditumis, wanginya harum sekali dan tentunya khas....yapp wangi kacangnya juga ikut menyeruak dari tumisan...can’t wait to try ....
Pas di maem....guriiiiih......rasa kacang dengan santannya yang bikin maknyussss mirip2 rasa sate gitu dech.....dengan semburat rasa rempah2 ala Indonesia ...boy how I love Indonesian food and spices ...tapi anehnya rasa petisnya kurang terasa, yah mungkin karena jumlah petis di resep ini emang sedikit yahhh
Oh ya, saya ngga di bakar lagi, abis diungkep langsung tancap gasssss pake nasi putih...diet oh dietku hancuuuuuur....btw, kata suami rasanya lumayanlah....kalo dia bilang gitu, artinya enakkk...haha...PD banget!


Resep dari Majalah Sedap

Bahan :
·         1 ekor ayam, potong 8 bagian
·         3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
·         4 lembar daun jeruk, buang tulangnya
·         600 ml santan dari ½ butir kelapa
·         2 sdt garam
·         1.5 sdm gula merah
·         1 sdm air asam ( dari ½ sdt asam jawa dan 1 sdm air)
·         5 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
·         1.5 sdm petis
·         100 gr kacang tanah kulit, goreng
·         5 buah cabe merah keriting
·         10 butir bawang merah
·         8 siung bawang  putih
·         ½ sdm ketumbar bubuk
·         2 cm jahe
·         2 cm kunyit

Cara membuat :
1.       Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk sampai harum
2.       Tuang santan sambil diaduk hingga mendidih
3.       Masukkan ayam, garam, gula merah dan air asam. Masak sampai meresap
4.       Bakar ayam diatas pan sampai kecoklatan sambil dioles sisa bumbu
5.       Sajikan setelah disiram sisa bumbu yang didihkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar