Senin, 13 September 2010

Perkedel Jagung ala Manado


Masak itu fun banget ya...Kayanya tu semuanya lepas kalo lagi masak,hehehehe....padahal kerjaan kantor numpuk plek plek bis lebaran....bodo ah.....:D its time for MASAK - MASAAAAAK ....

Menu nya jagung lagi nih,,,iya si,soalnya bahan2 itu yang ada di kulkas, trus jalan-jalan de ke http://masakmasak.blogspot.com dan ngeliat ada Perkedel Jagung ala Manado...langsung kebayang de gurih2 crispy gitu...

Dan langsung jadi loh, ngga ada acara gagal gitu....jadi tau, secret recipe nya itu tuh di tepung beras & daun jeruk (cuman saya ga pake daun jeruk, stok abis euy,kelupaan beli di pasar,sempet bete tapi ya sud lah), karena selama ini kalo buat cuma pake tepung terigu aja dan jadinya u know laaah gede,tebel...nah, perkedel ini tuh mirip yang di restoran-restoran,heheheh...

Oya, penambahan ketumbar bikin wangiii banget pas di goreng, well saya si ga cium wanginya,tapi orang rumah bisa mendeteksi hal ini...katanya "wangi nih, pake ketumbar ya? kecium wangi ketumbarnya nih". Dan hasilnya.....perkedel jagung ini langsung di SIKAT abissss.....:)

Wie immer, saya copas ya...

Bahan2 :
- 400 gr jagung manis dipipil (saya pake 3 buah jagung manis yang besar, itu kira2nya ya kurang lebih)
- 1 btr telur ayam
- 150 gr tepung beras Rose Brand
- 4 sdm tepung terigu
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt ketumbar halus
- 1/2 sdt merica
- 125 ml air hangat


Bahan tumbuk kasar :

- 10 btr bawang merah
- 4 btr bawang putih


Bahan di iris halus :
- 2 btg daun bawang iris halus
- 4 lbr daun jeruk iris halus, buang tulang tentu saja
(saya ga pake,hikssssss)

- 1/2 buah bawang bombay,cincang (tambahan dari saya)

Cara membuat :

- Campur jagung, telur ayam , bawang merah dan bawang putih yang udah di tumbuk kasar, irisan daun bawang,daun jeruk, ketumbar , garam , dan merica aduk rata sisihkan
- Larutkan tepung beras,tepung terigu dan air jadi satu
- Tuang adonan jagung ke adonan tepung aduk rata lagi
- Panaskan minyak, goreng adonan perkedel se sendok demi se sendok sampai coklat kekuningan
- Angkat, sajikan

Note :
- Saya goreng setengah adonan ini, sisanya saya masukin kulkas buat nge goreng besokannya, hehehe.lumayan stok makanan...
- Kalo pengen lebih tebel dan agak garing si perkedel jagung ini...karena resep ini menghasilkan perkedel jagung yang tipis dan garing sekali...maka tepung berasnya diganti dengan perbandingan 100 gr tepung beras+50 gr tepung terigu dan takaran tepung terigunya adalah 2,5 sdm tepung terigu+1,5 sdm tepung beras..hehe agak ribet ya,tapi enak juga loh,tebel dan garing,seperti yang di jual di kantin kantor saya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar