Sabtu, 16 Oktober 2010

Siomay Bandung


Hehehe...seneng banget yak bikin somay???mpe buat lagi....

Penasaran aja, kemarin kan saya udah buat somay versi restoran ato rada2 mirip dimsum lah...nah sekarang saya pengen buat somay yang bercitarasa foodstreet,yang sering kita temuin di mana2 dengan sambal kacangnya itu (psst, saya gak buat sambal kacangnya,karena terlalu lama,sedangkan air liur udah menetes...solusinya saya menggunakan bumbu gado2 yang udah jadi di supermarket,tinggal kasih air panas,aduk2,jadi deeeeh - ide ini si dateng dari meineschatz saya dan dia juga yang membantu saya di dapur,karena ini emang favoritnya siiiih)....

Oya,resep ini dikerjain kroyokan,sama kekasih hati dan keluarganya,hehe....

Resep saya ambil dari NCC...


Bahan:
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm   bawang merah halus
1 sdm   bawang putih halus
2 sdt     lada halus
1 sdt     chicken powder
3 sdm   gula pasir
3 sdt     garam
1 sdm   minyak wijen
Minyak wijen untuk mengoles loyang
3 btr     telur
Kulit siomay (saya ga pake)
400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr  sagu tani (saya gunakan 250 gr)

Cara membuatnya:
  1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
  2. Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
  4. Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
  5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  6. Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  7. Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

Sambal Kacang untuk Siomay
Bahan:
500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang
1,5 ltr   air matang

Cara membuatnya:
  1. Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
  2. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
  4. Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.
Pelengkap penyajian:
  • Jeruk limau
  • Kecap manis
  • Saos tomat

Oh yaa, ini hasil karya meineschatz...mejeng dulu aaah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar