Rabu, 06 Oktober 2010

Dim Sum Ceker Ayam



Saya sukaaaaaaaaaaa banget resep dim sum ceker ayam ini, resepnya didapet dari sodaraku...entah kenapa saya kurang suka dim sum ceker yang berwarna merah,hehe...kesannya kaya mentah gitu, padahal ngga si,,ini cuma masalah selera doang :D...

Saya bikin sesuai resep, tapiiii....orang rumah tuh ga suka ceker, ya udah deh, ceker ayam sepanci saya abisin sendiri...eh ngga deng,rencananya mo saya kasih juga kepada kekasih hati,,,hoho...tapi sepertinya dia jg kurang suka ceker...emang sih, cuma orang2 tertentu aja yang suka ceker,salah satunya ya saaya ini ...

Oh ya, berhubung saudara saya itu kasih resepnya kira2, makanya saya juga tulisnya kira2, pokoknya sering2 di rasain, kurang apa-nya gitu,trus supaya empuk bisa juga pake panci presto,tapi berhubung saya ga punya ya udah pake panci biasa aja juga jadi, hehehehe......saya rada gosong nih ngegoreng cekernya,hummm mesti blajar lageeeeh

Bahan2 :
- 1 kg ceker ayam yang sudah di bersihkan, potong bagi dua
- 6 pcs bunga lawang
- 1 batang kayu manis
- 2 cm jahe,geprek
- 15 siung bawang putih, cincang
- gula,garam secukupnya
- 80 ml mushroom soy sauce pearl river
- 1 1/2 sdm kecap inggris
- 4 sdm kecap manis
- 2 sdm saus sambal belibis (kalau suka pedas,bisa di tambahin lagi)
- minyak untuk menggoreng
- 1 liter air es + es batu
- 3 sdm maizena,larutkan dengan sedikit air
- 2 buah cabai merah besar, iris

Cara membuat :
- Rendam ceker dengan mushroom soy sauce pearl river, pastikan cekernya menjadi berwarna gelap semua, dan masukkan ke kulkas (jangan ke freezer ya) selama 2 jam
- Goreng ceker di minyak panas api besar (air kecap sisa rendaman ceker jangan di buang), pastikan ceker terendam minyak semua. Goreng sampai berwarna coklat agak garing, langsung rendam di air es. Rendam selama 1 jam
- Tumis bawang putih &jahe menggunakan sedikit minyak bekas menggoreng ceker, tumis sampai harum dan layu, masukkan kayu manis dan bunga lawang
- Masukkan semua saos (kecap inggris,kecap manis,saus sambal) dan air kecap sisa rendaman ceker, tunggu sampai mendidih, masukkan larutan maizena, gula dan garam
- Masukkan ceker,cabai merah, gunakan api kecil sekali, tutup pancinya selama 1/2 jam
- Angkat, sajikan

Note :
  • Saya penasaran pengen cobain resep dari Pak Budi Boga, karena sepertinya takarannya pas,hehehhe, kl ini kan takaran kira2....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar