Rabu, 27 Oktober 2010

Chocolate Muffins


Eitsss....dah lumayan bisa bikin kue kering,meskipun ada yang gagal....terus saya pengen naik tingkat ni ceritanya,pengen bikin yang ber bau kue2 gitu....dan ketemulah resep muffin ini...apalagi tehniknya bagi pemula gampil pisan euy! cuma diaduk!!!! ga perlu mixer,tinggal campur...campur...dan campur :D

Apalagi ga perlu pake margarin ato butter, heheheh...bagus ni buat orang diet, cuma pake minyak....
Oh ya, dengan cincangan DCC yang saya tabur di 1/2 adonan dan taburan di atasnya, bikin brasa ada lelehan coklat yang membahana di seantero dinding pengecap...walah sok puitis bangets...
Tekstur muffin ini juga soft plus padat, ga kering di dalem, pas lah...
Resep ini saya dapet dari sexy chef (buka linknya untuk detail resep aslinya ya)....saya copas aja ya...oh ya,saya buat 1/2 resep dulu,takut gagal,ehhhh ternyata langsung jadi dan dapet 7 pcs plus menjulang, meskipun penampilannya menyeramkan yah huahuahauhauhau...nyesel kenapa ga bikin 1 resep aja...hikssss.....enyaaaaaaaaaaaaaak...

BAHAN :

BAHAN KERING
▪ 220 gr tepung terigu protein sedang (tepung aneka kue) + saya tambahin 1/2 sdt vanili bubuk, pokoke plus vanili bubuk total gramnya tetep 220 gr
▪ 40 gr chocolate bubuk
▪ 1 sdm baking powder
▪ 200 gr gula halus ( saya pake 160 gr gula diet)
▪ 1 sdt garam

BAHAN BASAH
▪ 2 bh telur
▪ 120 gr susu (saya cairkan 2 sdm dancow bubuk menjadi 120 gr susu)
▪ 60 gr vegetable oil (saya pakai canola oil)

ISI
▪ 100 gr kacang mede cincang / kacang tanah juga boleh (gak pake)
▪ 40 gr havermut
▪ 100 gr kismis ( saya ganti dengan cincangan DCC)
Saya tambahin Coco Crunch secukupnya untuk taburan

CARA MEMBUAT :
■ Panaskan oven dengan suhu 200 derajat C.
■ Ayak bahan kering tepung - baking powder - gula pasir halus - garam. Sisihkan
■ Di tempat lain campur bahan basah telur - susu - minyak.
■ Tuang campuran telur dan kawan2nya ke campuran tepung lalu aduk rata
■ Aduk hingga campuran tadi menjadi tercampur rata
■ Lalu masukkan bahan isi (saya belum masukin coklat cincang), aduk lagi hingga tercampur rata
■ Tuang 1/2 adonan ke cetakan muffin yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung
■ Taburi dengan coklat cincang, lalu tutup lagi dengan adonan muffin.Total adonan yang masuk ke loyang adalah 3/4.Kemudian taburi lagi dengan coklat cincang + coco crunch.
■ Oven selama 20 - 25 menit dengan suhu 180 derajat C.

Saya copas juga ya tips dari Sexy Chef biar gag lupa :
▪ Semua bahan diaduk tidak memakai mixer, manual by hands, mengaduknya juga jangan terlalu kebanyakan../kelamaan... overmix kata experts.
▪ Isi penuh adonan kecetakan, kalau mau hasilnya naik kayak gunung
Muffin memang termasuk kue yang padat dan agak keras.Membuat muffin, telur tidak perlu dikocok, cukup diaduk dengan adukan kawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar