Jumat, 23 Maret 2012

Soto Lamongan

Pengen banget bikin soto ini...karena kalo saya beli di pinggir jalan ato restoran,enak bangettttt rasanya....gurih, gak bau anyir dan ada sedikit semilir rempah...gataunya pas saya dapet resep dari resepmasakanindonesia, ternyata pakai cengkeh, pantesaaaaaaaaaan.....

Yang paling saya suka dari Soto Lamongan ini adalah koya/poyah, yang sering saya browsing sih koya/poyah ini terdiri dari bawang putih goreng dan kerupuk udang yang dihancurkan sampai halussssss bangetttt...tapi di resep ini emang ga ada sih, ya gapapa juga soale saya jg lagi gak punya bahan2nya...

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam kampung (berat lebih kurang 800 gr)
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 10 daun jeruk sobek2 (saya tambahkan)
  • 3 butir cengkeh
  • garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih 
  • ½ sdt merica utuh
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit.

Untuk pelengkap:
  • 50 gr suun, seduh air panas hingga lunak, tiriskan dan gunting-gunting.
  • 50 gr kol iris halus
  • 2 batang daun seledri, iris halus (ga pake)
  • 2 sdm bawang goreng (ga pake)
  • 1 sdm bawang putih goreng (ga pake)
  • 3 butir telur ayam rebus, iris bulat (ga pake)
  • kerupuk udang, sambal cabai rawit rebus, jeruk nipis, iris. (ga pake)

Cara membuat soto lamongan:
  • Rebus ayam dengan 2 liter air, sampai empuk dan matang. Angkat ayamnya dan potong kecil-kecil, dan sisihkan kaldunya.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, tuang 4-5 sendok kaldu ayam, masukan jahe, lengkuas, cengkih, dan garam. Aduk sampai tercampur rata. Masak selama lebih kurang 5 menit. Masukkan sisa kaldu. Masak di atas api kecil hingga kaldu kembali bergolak dan masak terus selama 20 menit. Angkat.

Cara menghidangkan:
  • Tempatkan potongan daging ayam dalam mangkuk soto. 
  • Beri suun, irisan kol, irisan seledri, dan telur. 
  • Tuang kuah soto yang masih panas.
  •  Taburi bawang goreng dan bawang putih goreng. 
  • Hidangkan dengan sambal cabai rawit rebus, kerupuk udang dan irisan jeruk nipis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar