Sabtu, 24 Maret 2012

Bakwan Sayur/Goreng

Masih penasaran, pengen cari resep bakwan sayur yang mantappp (kalo bakwan jagung sih udah ketemu resep gacoannya...silaakan liat arsip saya yah,hehe)...tempo hari udah perna buat bakwan sayur kunyit, tapi kok masih kurang pas...akhirnya ketemu resep dari Idaskitchen dan AGsfood, bener2 sempurna!!!

Kenapa saya bilang sempurna (menurut saya looh)?karena tepungnya pas, saat digoreng adonan tersebut cepat mateng, ngga mentah...udah gitu setelah di goreng hasilnya gendut, menul2, seksoy,bohayy hal ini bisa jadi karena ada bahan baking soda di dalamnya yang nge bikin ngembang saat kena panas (jadi inget pelajaran les masak dulu) dan saat dimakan sedikit garing n crunchy ...nah kalo yang ini kayanya hasil sumbangan si tepung beras...hehehhehe...

Resepnya saya modif dikit, saya kurangi takaran airnya, karena saya takut minyak masuk adonan...yesss!!! Husband....now your wife can cook bakwan!!!heheh, secara saya waktu masak bakwan sayur dibilang ga enak, masih enakan buatan suami....hihihi, nasib istri yang suaminya jago masak neeeh....

Bahan2 :
  • 1 buah kol ukuran kecil,iris tipis
  • 300 gr toge, buang akarnya
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 4 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt baking powder
  • 180-200 cc air (saya pakai 180 cc.....kalo kurang kental, tambahin air pokoke di total 200 cc)
  • 2 butir telur
Bumbu Halus :
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 10 butir bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica hitam
Cara membuat :
  • Campur tepung terigu, tepung beras dan semua bumbu. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk tepung dgn menggunakan whisk hingga rata. 
  • Lalu masukkan telur, aduk rata. Terakhir masukkan sayuran. Diamkan sebentar (15 menit)
  •  Adonan bakwan siap utk digoreng. Goreng sedikit adonan sebagai tester, cicipi apakah rasa bumbu sdh pas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar