Sabtu, 24 Maret 2012

Simple Pot Roast

Terinspirasi dari pot roast nya mba Camelia....saya mencoba buat dengan memperbudak slow cooker saya...

Disini saya tambahin beberapa elemen rempah2, dan rasanya enakkkk bangettttt, wortelnya matengnya pas, kentangnya juga pas, bawang bombaynya masih berasa kres2 manis seger.....serasa jadi wong londo,hohohoho....

Trus pas bikin gravynya, hummmmm wangi rempah bercampur mentega...enyak enyak enyaaak

Terus terang saya penasaran dengan kuah2 pot roast yang sering digunakan resep luar negeri,seperti Campbell soup rasa jamur lah, rasa itu lah....hmmmm, next time saya mau cobaaa....

Makasih mba atas resepnyaaa....

Bahan :
  • 500 gr daging sapi bagian paha, keringkan dengan tissue, bumbui dengan merica hitam dan garam, diamkan.
  • 3 bh bawang bombay, belah 8
  • 2 buah wortel ukuran sedang, potong-potong
  • 1/2 sdm merica hitam bubuk
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 cup air
  • 1 blok kaldu bubuk rasa sapi, hancurkan
  • 2 sdm kecap inggris (ini yg saya tambahin)
  • 1 sdm kecap manis (ini yg saya tambahin)
  • 12 butir cengkeh (ini yg saya tambahin)

Caranya :
  • Panaskan minyak dalam wajan, masukan daging, masak hingga kecoklatan, balik hingga semua sisi daging kecoklatan. Angkat, sisihkan. (saya pake pan grill....karena kalo pake wajan cekung, butuh banyak minyak)
  • Tuang air, kecap inggris,kecap manis kedalam mangkok slow cooker, masukkan kaldu bubuk dan merica, aduk rata. Masukkan cengkeh, bawang dan wortel aduk-aduk hingga rata.
  • Letakkan daging diatas sayuran, tutup. Gunakan suhu tinggi (high) selama satu jam, lalu gunakan suhu rendah (low) selama 8 jam (kalo suka lebih lembut, tambah 1 jam lagi).
  • Setelah matang, pisahkan daging dan sayurannya.
  • Gunakan kaldunya untuk membuat gravy: panaskan mentega, masukkan 1 sdm tepung terigu, aduk-aduk hingga rata, masukkan kaldu, panaskan sambil di aduk hingga mengental.
  • Sajikan

Note :
  • Membuat gravy pake mentega it's a must! karena rasa dan wanginya beda...berasa makan di resto2 besar gitu dehhh :D, apalagi kalo di masukin jamur kancing,wedewwww ...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar