Minggu, 03 Juli 2011

Jamie's Bloomin' Brilliant Brownies


Mencoba membuat brownies selain Pennylane Brownies..karena penasaran, apa sih bedanya antara brownies yang pake DCC+mentega dilelehin dengan bubuk cocoa+minyak sayur?? nah, akhirnya saya pake resep yang di share oleh mba Camelia....karena deskripsinya bikin saya ngiler banget!!! Resep aslinya bisa langsung diliat di webnya Jamie yawgh.

Nah yang rada ngebingungin adalah, saya ngikutin patokan waktu ngoven nya...dan hasilnya kering di pinggiran (moist gitu) tapi rada lumer di tengah (gooey, kentel2 gitu)...nah ini mentah ato gimana ya? karena setelah 5 jam-an gitu, teksturnya tetep seperti itu, mirip seperti molten choco cake ato lava cake, dipotong pake pisau juga susah karena nempel&lengket...well tetep saya makan lah meskipun penampilan seperti itu, karena saya yakin kandungan telur yang di dalam brownies ini sudah matang,hehe...

Oh ya, saya berhasil loh mendapatkan efek kilap dan retak...humm mungkin karena pada resep ini saya tidak mengurangi penggunaan gula nya...saya coba 1/2 resep dan menghasilkan 1 loyang brownies panjang itu...

Bedanya dengan Pennylane Brownies?? yang jelas brownies ini lebih jahat,haha, wong pake dcc+mentega+gulanya banyakkk...tapi yang jelas rasanya lebih nyoklatttttttttt....

Disini udah saya translate sesuai yang saya tau aja yah,hehe

Bahan2:
  • 250 gr unsalted butter
  • 200 gr DCC kualitas bagus
  • 80 gr coklat bubuk, ayak
  • 75 gr dried sour cherry (ga pake)
  • 50 gr kacang cincang (saya pake mede)
  • 65 gr tepung terigu segitiga/kunci biru, ayak
  • 1 sdt baking powder
  • 360 gr gula kastor
  • 4 butir telur yang besar, kocok lepas
  • kulit jeruk orange, 1 buah, diparut (ga pake)
  • 250 ml creme fraiche (ga pake)
  • Saya tambahin kacang kenari untuk topping atas

Cara membuat :
  • Panaskan oven 180 derajat C
  • Tim DCC + mentega, aduk sampai rata, angkat
  • Masukkan kacang cincang, dried sour cherry, aduk rata, sisihkan
  • Di mangkuk lain, campur coklat bubuk + tepung terigu + baking powder + gula halus, aduk rata
  • Kemudian masukkan campuran tepung tersebut ke dalam adonan coklat yang sudah di campur kacang-kacangan, aduk rata
  • Terakhir, masukkan telur, aduk sampai rata dan terbentuk adonan yang kental & halus
  • Tuangkan adonan brownies ke dalam loyang yang sudah diberi kertas roti, taburi topping kacang kenari dan oven selama kurang lebih 25 menit, jangan sampai over cooked/kelamaan ngovennya
  • Berbeda dengan cake yang kalo untuk mengetes kematangan menggunakan tes tusuk, maka brownies ini ngga perlu pake tes tusuk, karena memang akan berbentuk kenyal diluar (springy) dan gooey (lengket) di dalam
  • Biarkan brownies ini sampai menjadi dingin di dalam loyang, setelah itu baru keluarkan dari loyang, potong2 dan sajikan dengan creme fraiche dan parutan jeruk orange
Note :
Oh ya, saya akhirnya panggang lagi, berharap kekentalannya menjadi surut, saya panggang lagi sekitar 15 menit, dan kekentalannya jadi surut dan bener2 jadi lembut gitu,,,,,duhhhh enak banget nih brownies...cuman emang lengket2 gitu yaks modelnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar