Rabu, 21 September 2016

Tentang Alergi Part 2 – his foods

Based on request mba Adel...mau sharing2 tentang alergi mas Dhanu and how to overcome this thing
  1. Alergi yang di idap Dhanu adalah genetik,alias turunan dari ortunya
  2. Didiagnosa alergi dairy foods dan turunannya, dilarang makan telor,kacang,ikan laut dst

So, saya amat selektif dalam memilih menu makannya semenjak MPASI sampai dengan sekarang, usianya 2th 11 bulan...alergi ini suka datang dan pergi seperti jelangkung...dan saya paham alerginya itu berasal dari mas Dhanu salah makan...selalu memakan makanan pencetus alergi yang mengakibatkan ia sering sakit terutama batpil. Kalau sudah sakit, maka obat dokter menjadi jalan keluarnya, next chapter saya akan bahas tentang batpilnya...

Banyak makanan yang dilarang membuat saya dan suami hopeless, stress,bingung...akhirnya saya sering browsing mencari makanan pengganti pencetus alergi, karena kan kasian Dhanu sedang masa pertumbuhan...Tapi sebenernya mungkin alergi ini blessing in disguise, ada hikmahnya, Dhanu dipaksa makan makanan yang alami, meskipun beberapa dia mulai makanan yang processed foods.

Disini saya sharing beberapa yang saya ingat2 ya...mba Adel , ayo dibaca nih hehe :
  1. Telur ayam negeri diganti dengan telur burung puyuh/telur ayam kampung (ga pake embel2 organik atau ayam kampung arab,,,just ayam kampung thok)..pertama kali diperkenalkan kuning telurnya dulu, liat reaksi 3 hari, baru kenalin putih telornya...Mas Dhanu seneng banget telur rebus atau telur balado
  2. Susu sapi diganti dengan susu Neocate sampe usia 6 bln, lalu ke nutri soya, tapi umur 1 th dia ga suka rasanya...so saya skip susu dan mulai dikenalin usia 1.5 th dengan ultra mimi putih, tapi di usia 2th 11 bln ini dia alergi lagi ama susu ini.. jadi pengganti susu sapi saya alihkan ke lobak,jamur,bit,brokoli,jeruk medan, sum-sum sapi dijadikan kaldu atau sum2nya dimasukkan ke dalam nasi gorengnya,kol ungu,ubi ungu,pokoe semua makanan yang memiliki kalsium tinggi selalin susu
  3. Ayam kampung dan ayam negeri dia ga bisa makan ini, bisa gatel2
  4. Kacang2an, yang dia bisa makan hanya edamame dan kacang tanah (karena bumbu ketoprak,somay,dan bumbu sate dia bisa makan), jadi saya masih serem nih mo kenalin susu soya segar (ini juga saya ngeri karena kan anak cowo ya, katanya kalo susu soya bikin ningkatin hormon estrogen alias hormon cewe dan mostly kedele di indnesia ini produk GMO huhu)dan susu almond segar
  5. Ikan laut saya ganti jadi ikan gurame dan belut...somay2an bikin dia gatel
  6. Tidak bisa mengunyah daging...ini tipikal anak alergi, mau ga mau saya kasih sosis dan bakso...nugget dan bakso home made buatan saya selalu bikin dia keselek dan dibuang ihiks...tadinya saya membeli merk Bernardi, tapi saya mulai beralih ke merk Bulaf based on reccomendation a friend of mine, Enes
  7. Susu pediasure dan nutrinidrink ga cocok, bikin gatel...kasian kalo kegatelan bisa 3 hari 3 malam,tidurnya ga nyenyak,minta digaruk terus dan timbul ruam2 merah...Pernah karena dipaksa makanan seafood seperti salmon, dia garuk terus sampai borokan, bernanah, dan obat dokter pun masuk,ihiks
  8. Segala macam coklat...padahal dia suka coklat, padahal juga coklat ini nabati loh...tp kenapaaaaaa coklat ini memicu reaksi alergi...kenapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa????
  9. Roti yang saya berikan roti oles margarin selai stroberi
  10. Mentega alergi jg
  11. Keju, beberapa merk keju....dia sebenernya suka bgt sama fusilinya pizza hut, tapi malem2nya dia kegatelan abizzzz.....keju yang masih bisa ditolerir Dhanu adalah bega smoked...tapi potato broccoli cheese nya raffles tidak bikin gatel, kalo wendys bikin dia gatel juga

So, menu makanannya dhanu terbatas hanya bisa seperti ini , makanan goreng2an saya batasi, tidak pernah mengenalkan pada air es selalu air hangat:
  1. Soto daging
  2. Nasi goreng sosis / mie goreng
  3. Omelet telur kampung sayur
  4. Capcay
  5. Sop daging plus sayur
  6. Bakwan jagung/sayur,doyan bgt
  7. Kerupuk sayur yang digoreng sendiri
  8. Cemilannya roti, telor rebus,roti selai stoberi,pisang,pepaya,jeruk, Kroket,risol,pastel dengan isi daging,kue2 tradisional
  9. Kentang goreng
  10. Suka taburin chia seed / flaxseed diatas makanannya


Yah begitu deh....sebenernya saya masih khawatir tentang kekurangan kalsium dan zat besinya...ada yg bisa bantu lagi gaa list menu makananya???

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar