Rabu, 03 Desember 2014

Alergi Part 0

Mau sharing tentang alergi yang dialami mas Dhanu....sebenarnya saat hamil saya tidak pernah terpikirpun kalau bayi saya akan memiliki alergi...

Saya pernah baca, katanya tanda2 bayi alergi sudah bisa dibaca dari saat hamil....kalau janinnya sering cegukan, maka dia itu alergi...gatau deh itu ilmiah/tidak,hehehe...dannn bisa jadi, saya pas hamil kan naik 30kg, ternyata mas Dhanu lahirnya hanya 3kg...sisanya ke saya...padahal semasa hamil saya rutin minum susu 3xsehari, rajin makan keju, makan ikan, makan coklat, eskrim, supaya dia gendut di dalam...karena waktu 5 bulan, SPOGnya bilang bayi saya beratnya masih kecil...berarti mas Dhanu tidak menyerap gizi yang saya berikan dong????

Saya ingat, alergi mas Dhanu muncul ketika ia berusia 21 hari, setelah malamnya aqiqah...tiba2 dia diare,mencret2 sehari sampai 12x...selama 3 hari saya masih diamkan..karena kata orangtua saya,''aah itu sih gapapa...bayi kan memang pupnya seperti itu, mencret dan sering...'' karena mereka lebih tahu, ya sudah saya diamkan saja...toh mas Dhanu tetap aktif dan ceria..dan inilah kesalahan fatal saya, mengikuti kata orang tua...karena jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu...jadi seharusnya tidak plek2 100% saya ikuti kata mereka...

Setelah 3 hari tidak berhenti diarenya, saya ke DSA,asal pilih sih, yang penting acuan saya adalah DSAnya senior...saat bertemu DSAnya, dia memang sudah tua, aki-akilah bahasa sundanya...dan suami saya tidak suka sama DSAnya karena dia mengecek asal dan bilang begini ‘anak pertama ya?’ menurut suami saya, DSAnya terlalu merendahkan, seolah2 kami ini terlalu heboh. Kami diberikan obat sariawan, karena katanya lidah mas Dhanu putih dan berjamur...

1 hari setelah dari DSA tersebut, tidak ada perbaikan.....kemudian kami ke DSA yang lebih muda dan banyak direkomendasikan oleh mommy muda di internet...bertemu dengan DSA tersebut, dia langsung menvonis ALERGI SUSU SAPI! Kenapa dia bisa langsung vonis begitu? Padahal setahu saya perlu ada test untuk mengeceknya? DSA tersebut menjelaskan sebagai berikut :
a.      Sangat jarang bayi dibawah 1 bulan terserang diare yang disebabkan virus atau bakteri...dan diarenya pun berdarah (saya tunjukkan foto pupnya...hahaha hebat bener yakkk..padahal saya juga bawa sample pupnya juga lohhh tapi takut DSA nya kebauan) yang sangat memungkinkan adalah alergi susu sapi
b.     Salah satu orang tua memiliki riwayat alergi/asma
c.      Si bayi tidak terlihat lemas, meskipun diare pup berdarah...tapi apabila terus terpapar pencetus alergi, maka Hb nya akan turun...(seremmm)
Solusinya? Ya karena mas Dhanu sempat diberikan sufor sapi, kemungkinan dia tidak cocok dengan sufornya...jadi sufornya harus diganti dengan Neocate..susu yang proteinnya sudah di pecah2 menjadi asam amino dan karena saya juga memberikan asi ke mas Dhanu (yah maklum saya sempat campur, asi saya tidak mencukupi...jadi saya berikan asi, sufor dan donor asi dari adik ipar saya untuk mas Dhanu)...Dan ini susu termahal!!!bismillah deh, demi kebaikan mas Dhanu yaa....Kemudian saya juga disuruh  diet, tidak makan dairy products,kacang,tomat,coklat,ikan laut...karena kata dokter, percuma dikasih Neocate tapi ibunya ngga diet...anaknya bakal terpapar alergi terus...
Sehingga kami akhirnya tidak diresepkan obat apapun, hanya disuruh mengikuti 2 anjuran itu saja dan obat jamur yang terlanjur diminum sehari kata DSA yang ini gak usah diminum lagi,karena ga ada kaitannya sama alerginya....dan alhamdulillah....dalam 2 hari pupnya berangsur membaik...

Alergi yang lain timbul  saat mas Dhanu umur 3 bulan, saya kelupaan makan siomay...langsung deh..mukanya merah2 bengep2...aduuuh kesel banget deh sama diri sendiri...akhirnya ke DSA lagi, karena mas Dhanu garuk2 terus dan napasnya bunyi grok2...akhirnya dikasih obat ozen drop dan salep elocon...setelah itu membaik...

Nah pas mas Dhanu usia 7bulan...saya coba makan dairy products, karena kan katanya alergi akan hilang saat usia diatas 6 bulan, 1 tahun, 2tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun!! Saya juga sih yang ga tahan makan burger, pizza,ehehhehehee....ealaaah grok2nya muncul lagi...akhirnya saya obati dengan jemur dipagi hari dan minum air hangat untuk mengencerkan lendirnya dan supaya lendirnya tertelan dan keluar lewat pup.


Saat usia 1 tahun....saya coba lg makan dairy products, dan grok2nya masih ada...hummmm saya diet lagi deeeh...S E M A N G A T ! ! !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar