Minggu, 25 September 2011

Kue Widaran/Telur Gabus/Telur Belanak


It's kletikan weeeek....hehehehhehe...

Kalo ngeliat dari resepnya kayanya sederhana banget ya...padahal saya suka loh makan kue ini, tapi rada ga yakin, masa sih resepnya begini doang???

Dan emang betul, resepnya begini doang tapi bisa menghasilkan kletikan yang luar biasa enakkk!!

Masalah yang muncul saat saya mempraktekan resep ini adalah saat mengira2 adonan sudah kalis/bisa dibentuk atau belum...saat ulenan yang pertama, sepertinya kurang kalis, tapi saya tes dulu, dengan cara menggoreng 1 buah kue ini, dan memang hasilnya kurang oke...setelah saya perhatikan, ternyata adalah karena telornya kurang,,,saya pake 1 buah telor kecil (saya buat 1/3 resep) dan ternyata dibutuhkan sedikit tambahan telor lagi (tidak sampai nambah 1 telor, pokoke di sesuaikan sampai dia bisa kalis dan bisa dibentuk) supaya adonannya menjadi kalis...sip deeeh kuncinya disitu...

Kendala kedua...masalah menggoreng sih tidak ada masalah, karena saya mengikuti tips Budi Boga plek plek...yang jadi masalah adalah...kapan matengnya yaaa????hihihihi...ya pokoke sampai kuning kecoklatan deh...dan kue ini renyaaaaah sekali, ngga perlu adu gigi dulu,,,,beda dengan kue yang biasa dijual diluar...mungkin karena penggunaan telor ya???

Kendala ketiga, minyak gorengnya jadi berbusaaaaaaaa....hiksss

Resep ini saya dapat dari Budi Boga

Bahan:
  • 350 g tepung kanji/sagu tani 
  • 3 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
  • 1/4 sdt garam halus
  • minyak untuk menggoreng. 
  • 2 sdm keju chedar parut (saya ganti 2 sdm bawang putih ulek)
Cara Membuat:
  • Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
  • Masukan telur sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung (saya menambahkan telur lagi sedikit2 supaya adonan bisa di bentuk, yah tergantung besar kecil telur sih, kebetulan saya pake telur yang kecil sehingga adonan jadi susah di pulung sehingga saya mesti tambahin sedikit telur lagi).
  • Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
  • Panaskan minyak (saya pakai api kecil, dengan api kecil, kue akan menjadi mengembang) berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan (siram2 kue sehingga matangnya merata). Angkat, tiriskan (saya tiriskan di atas tisu, anginkan sebentar, cek minyaknya udah turun/belum dan cek kuenya udah dingin/belum. Kalo minyak udah ga ada dan udah dingin langsung masukin ke toples, eitss jangan sampe kelamaan juga di angin2in nya tar masuk angin malam melempem lagi). . Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.
Untuk 300 g
Tips:

  • Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. 
  • Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut
  • Masukan air sedikit demi sedikit, hentikan jika adonan sudah dapat di bentuk/dipulung. Tambahkan tepung jika adonan susah dipulung/terlalu lembek.

2 komentar:

  1. Aihhhh.....aku juga suka ama telor gabus. Aku mo bikin ahhh :). Oh iya ini resepnya kan pake 3 telor yah, itu telor ukuran besar apa kecil ya say?

    BalasHapus
  2. Hai mba, saya pake telor kecil jadinya kurang bisa di bentuk (ngga kalis)akhirnya saya tambahin sedikit telor (1 telor di kocok lepas,tuangin 1/4 bagian ke adonan, sisa telornya...didadar,hehe) deh biar bisa kalis...jadi perkiraan saya,lebih baik pake telor ukuran sedang atauuu tes dulu seperti cara saya pake telor kecil dulu...

    BalasHapus