Rabu, 07 Oktober 2015

TIPS KETIKA ANAK SUSAH MAKAN

Anak saya, Dhanu, 1 tahun 8 bulan tergolong susah makan...disaat teman- temannya lahap makan dengan gaya bebas (berlarian kesana kemari), maka anak saya harus di ikat di tempat duduknya supaya mau makan...Sebulan yang lalu, dia terkena batuk pilek...namanya anak sensitif dan alergian, maka dia sering sekali terserang batuk pilek yang mengakibatkan berat badannya turun drastis...tinggal tulang dan kulit,muka tirus...sedih sekali rasanya...meskipun dia aktif sekali yaa.
Dan semenjak itu, dia tidak mau makan nasi! Apapun di lepeh, maunya krupuk-krupukan,labu kukus,pepaya dan pisang  aja....okelah dia tetep makan tapi sebagai orang tua saya takut dong nutrisinya ngga tercover.Wah saya,suami, orang tua, ART sibuk cari cara supaya Dhanu mau mangap dan makan..Bacang,lontong,nasi goreng,mashed potato,kentang goreng,ubi kukus, macaroni schotel, puding u name it...semuanya sukses di lepeeeeh...yang bikin sakit hati, saya bikin nugget belut..baru dipegang sama Dhanu ealah langsung di lempar....garuk-garuk aspal deh ibunya,karena membuat nugget dengan penuh cinta dan rasa..ihikss...
Akhirnya, vitamin anak saya berikan...tapi tidak ada perubahan signifikan...
Kemudian saya bertemu dengan sodara saya yang biasa berhadapan dengan anak sulit makan..katanya, coba deh bikin ramuan dari kunyit, insya Allah nafsunya bisa kembali lagi...tapi butuh proses yaahh...gitu katanya...dan Dhanu harus rutin di pijat sama sodara saya itu...kebetulan sodara saya itu dulunya pelatih pernafasan tenaga dalam,jadi dia mengkombinasikan pijat dan tenaga dalam..Alhamdulillah baru 2xpijat dan 2 hari minum ramuan kunyit ini, Dhanu jadi mulai mencintai nasi lagi dan mau mangap plus ngunyah...Belakangan saya browsing, ternyata kunyit bisa meningkatkan nafsu makan, membersihkan darah, obat batuk alami
yah tentunya semuanya berkat usaha dan doa ya...karena setiap malam menjelang bobo, Dhanu selalu saya bisiki “Mas Dhanu, makan nasi yang banyak ya, minum susu yang banyak ya...sehat ya mas...Bubu dan Baba sayaaaang banget sama mas Dhanu”.

Nah disini saya mau share resep ramuan kunyitnya nihhh :
Bahan-Bahan :
a. 125 gr kunyit yang sudah dikupas
b. 700 ml air
c. 5 lembar daun pandan
d. 5 lembar daun jeruk sobek2
e. 1/8 sendok teh kapur sirih

Cara buat :
a. Blender halus kunyit dengan air
b. Rebus air kunyit+daun pandan+daun jeruk dengan api kecil sekitar  ½ jam, pake panci bertutup yaaah
c. Masukkan kapur sirih, rebus kembali sekitar 5menit.
d. Angkat, saring,diamkan sampai dingin
e. Taruh di stoples steril, masukkkan ke dalam stoples tersebut
f. Masukkan ke dalam kulkas bawah


Apabila ingin digunakan, ambil misalkan 1 sendok sayur lalu taruh di mangkok dan hangatkan di magic jar...untuk anak seusia Dhanu, diberikan sehari 3x@1ml dicampur dengan madu balita ¼ sendok teh dan diberikan setelah makan.

Nah, untuk ramuan kunyit yang ditaruh di kulkas bawah, setiap 2 hari sekali HARUS dihangatkan kembali di atas kompor, tunggu sampai dingin,masukkan ke stoples steril dan taruh lagi di kulkas bawah...kalau sepengalaman saya, bisa 3x dihangatkan di atas kompor...jadi ramuan tersebut umurnya max 7 hari lah..

Trus sampe kapan minum ramuan ini? Menurut saya sih cukup 1 minggu aja...kalau terus-terusan saya kurang tahu juga efeknya gimana...

Dhanu juga susaaaah sekali minum susu, semua susu ditolak!! Jadi saya akali, meskipun menurut saya masih kurang asupannya...Minum air putihnya saya ganti dengan air tajin beras merah +bit (jadi bikinnya pas bikin air tajin,masukin bit juga sekalian...jadi yang diambil airnya aja...kebetulan bocahnya ga doyan kalo makan bitnya doang),hihi...saya bilangnya “Mas...ini sirop merah mas...enakk” dan alhamdulillah bocahnya mau hehe...



Dan terakhir, saya buatin nasi goreng kunyit...ini juga saran dari ART saya, karena katanya anak-anak dikampungnya yang susah makan dikasih nasi goreng kunyit eh jadi napsu makan...bikinnya gampang, cuman parut kunyit sedikit aja, ulek bawang merah bawang putih, tumis pake butter, masukin nasi..jadi deeeh...kalo mau dikasi telor ato protein lainnya silakaan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar