Senin, 11 Januari 2016

DULU GAGAL TUMBUH SEKARANG GIZI BURUK

Dhanu usia 2 tahun 2 bulan, anaknya aktif sekali...motorik kasarnya bagus, kemampuan bicara dan daya nalarnya juga alhamdulillah berkembang pesat...hanya saja yang menjadi kekhawatiran saya dan suami adalah...BERAT BADANNYA...dan juga TINGGI BADANNYA.... Bila dibandingkan dengan anak seumurnya alias sepupu2nya, Dhanu ini tergolong mungil FYI yah sepupu2nya ini full ASI...Akhirnya kami ke dokter gizi yang terkenal sekali di Hermina Jatinegara....
Dengar2 dokter ini galak sekali....dan setiap anak yang diperiksa olehnya, harus di timbang telanjang...(oooowww.....), dia juga membatasi hanya menerima 15 pasien saja...Ketika di ruang tunggu, saya melihat teman2 seperjuangan....para orangtua yang berjuang agar anak2nya tumbuh sehat dan normal....dan banyak sekali anak2 seperti Dhanu yang nota bene : kurus....dan banyak sekali balita yang di sonde (dimasukkan selang ke hidungnya agar memudahkan pemberian susu sehingga dapat tercapai target pemberian susu ke balita tersebut)....Saya jadi sedih...duuuuh kenapa sih anak2 ini pada kurus huhuhuhu...
Masuk ke ruangan, dokter menanyakan segala detail mengenai kelahiran dhanu, kemudian di ukur tingginya, dan kemudian konsultasi pun dimulai...Menurutnya, dilihat dari berat badannya Dhanu kurang sekali tergolong gizi buruk....Dhanu kan waktu itu 10.2kg seharusnya 11,7kg (ini juga berat minimal), tinggi badannya menyerupai anak usia 20 bulan (hikssss) lingkar kepala normal...Sehingga pola makan Dhanu harus dirubah, ada jam2nya yaitu :

06.00 Susu
08.00 Makan berat (nasi uduk,protein,sayur)
10.00 Snack (risol/kroket/dst)
12.00 Makan berat lagi
14.00 Susu (susu plus alpukat)
16.00 Snack
18.00 Makan berat lagi
20.00 Susu

Gileee terhenyak banget yahhh...makaaan terusss....mana Dhanu makan juga susah pula,huhu
Tidur harus jam 8 malam, karena jam 11 sampai jam 1 malam adalah jam pertumbuhan anak...si anak juga harus nyenyak untuk mencapai pertumbuhan tersebut...Oke, saya setuju dengan hal ini....Dhanu tidur siang max. 2 jam saja kata dokternya jadi  lebih dari 2 jam harus di bangunin karena udah jam makannya, kalo pas jam makan tsb dia ga mau makan, skip aja ke jam makan berikutnya....

Trus Dhanu cek feses,urin dan darah, kata dokternya seminggu lagi kembali ke sini yaa...
Nah, dirumah Dhanu harus menyesuaikan hal itu,,,,dia biasa bobo malam jadi agak sulit juga siiih....tapi alhamdulillah terhandle meski dia baru bisa bobo jam 10.00 malam, at least dia dapet lah jam tidur pertumbuhannya...


Soal makan, nah ini yang triiiiiiickkkkkkkyyyy bgt, susahhhh hiksssss.....setelah seminggu treatment BB nya naik jadi 10,5 kg...plus GTM...pas kunjungan dokter ke 2 ternyata ketahuan Dhanu kena ISK akirnya diobatinlah pake antibiotik....Kemudian susunya diganti dengan Nutrinidrik sehingga snacknya bisa di skip...Saya bilang ke dokternya bahwa Dhanu pernah minum ini tapi alergi, kata dokternya ya mau ga mau balik lagi ke susu soya yang ga enak itu...atau di sonde jalan terakhirnya....oh no, ga mungkinlah, tu selang bisa ditarik sama Dhanu kaliiiii.....akhirnya saya legowo ajalah Dhanu kurus gitu yang penting sehat...

Menurut Dokter saya yang lainnya, ini genetik bu...suami ibu pasti juga segede gini waktu kecil...yang penting tumbuh kembang anak dilihat tidak dari badan tapi juga dari kemampuan usianya (Dhanu ini aktif,petakilan,jail...pernah naek kereta ke Jawa, selama perjalanan 6 jam maka selama itu pula dia jalan2 di kereta bolak balik ga bisa diem)...Duh mas Dhanuuu....bubu dan baba udah berusaha banget supaya kamu genduuut sesuai dengan usiamu,,,,,yang sehat terus ya maaas....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar