Senin, 18 Januari 2016

BALADA CARI SEKOLAH ANAK

Saya cari sekolah PG di dua area, sekitaran Tebet dan Depok...sebenernya lebih condong ke Depok sih, karena banyak alternatif dan harga lebih terjangkau dibandingkan di Tebet trus  dalam waktu dekat kami akan pindah ke Depok (tapi jauh bgt dari kantor huhu) .. Yang pasti, saya dan suami mencari sekolah berbasis Islam karena kami berdua sama2 bekerja, pengetahuan tentang agama juga kami masih belum pandai yah jadi semoga Dhanu menjadi anak yang berahlak baik,amiiiin....Mengenai sekolah Islam ini saya terinspirasi Uje dan Opick, mereka ini orang pesantren, sempat khilaf dan kembali ke jalan yang benar...saya pikir ini karena saat kecil mereka dididik oleh pesantren yah...
Nah suami lagi, dia pengen yang Islam plus Internasional, wahaaa saya mah langsung nolak karena biaya nya itu ga kuaaaat....kalopun biaya kuat,lokasi jauuuh (Dream school : Al Jabr n Madina)...

Berikut penjabaran saya setelah saya survei langsung ataupun survey telpon aja..

AREA TEBET
1. Madina (survey lewat telpon)
TK : Anak teman sekolah disini dan menurut teman saya bagus banget sekolahnya...Liat websitenya juga ngilerrrr...tapi saya mundur teratur liat harganya hehe, apalagi harga TK A dan TK B nya pusing pala berbi...Gurunya sopan ketika saya telepon.
Harga 2015 (kayanya hihi...atau 2016 ya?)
Kegiatan/th : Rp. 1.200.000
Uang pangkal : Rp.8.500.000
Buku/th : Rp.300.000
Seragam : Rp. 450.000
Asuransi / th : Rp.115.000
SPP/bln : Rp.700.000

2. Alifa (Survey langsung)
PG : Banyak teman saya yang menyekolahkan disini dan anak2nya hapalannya bagus, puaslah mereka...Lokasi di lantai 2, tangganya agak curam, gurunya ramah2....sistem sentra, ada tempat bermain indoor tapi ga luas, ada kebun mungil dalam bentuk pot2 di lantai atas, untuk kelas PG nya hanya 1 kelas saja tapi agak besar dibandingkan dengan kelas TK nya...kemudian di bawah ada kolam renang mungil untuk anak-anak...Menurut saya, kekurangannya tempatnya tidak luas dan tidak ada tempat bermain outdoor..Tapi Alifa ini menjadi favorit para orangtua karena  lokasinya dekat dan berada di dalam kompleks.
Harga 2015 (kayanya hihi...atau 2016 ya?)
Form : Rp.300.000
Uang Pangkal : Rp. 7.350.000
Pendidikan / th : Rp.3.250.000
SPP per bulan : Rp.600.000
Seragam : Rp.400.000

3. Al Itihad (survey lewat telpon)
TK : Anak teman sekolah disini dan menurut teman saya bagus banget sekolahnya...Tapi saat saya telpon, yang menerima telpon saya agak buru2 gitu dan ngga terlalu ramah, jadi saya rada bete deh...
Menggunakan sistem sentra.
Harga 2015
Uang Pangkal : Rp. 6.000.000
Uang Kegiatan : Rp.3.485.000
Seragam : Rp.1.000.000
Perlengkapan & Kesehatan : Rp. 1.250.000
SPP per bulan : Rp.800.000
Komite : Rp.600.000

AREA DEPOK
1. Nurul Fikri (Survey langsung)
TK : Anak sodara sekolah disini dan menurutnya bagus banget...anaknya udah hapal beberapa surat dan fun, jadi anak kepengen sekolah terus..Kelas TK nya besar2 dan menggunakan sistem sentra...Ada area outdoor, tapi menurut suami dengan harga yang ditawarkan kurang worthed karena permainan outdoornya sedikit sekali dan tidak ada bahasa inggris...yaelah kalo mau pake bahasa inggris ya ke Madina ato ke Al Jabr keleees..suami gimana ini pengen harga bagus tapi pengen dapet banyak haha...Saya dateng pas ke open housenya, dan dapet gratisan scan telapak tangan anak untuk tau minat dan bakat...tapi sayang, Dhanu lagi masuk angin jadinya hilanglah gratisan ituuuh..
Menurut saya, Nurul Fikri favorit keluarga berkecukupan di Depok,hehe... PG sekolah setiap hari yaa

Harga 2016
a. Form : Rp.500.000
b. Dana pengembangan, dana pendidikan (sudah termasuk PG,TKA,TKB) : Rp. 15.000.000
c. SPP per bulan khusus PG : Rp. 1.000.000
d. Catering per bulan : Rp. 192.500
e. Seragam : Rp.660.000

2. Semut-Semut (Survey langsung & Telp)
Saya survey saat hari libur sehingga hanya bisa melihat dari luar saja...Dhanu cocok sepertinya di Semut2 karena area outdoornya luas, ada lapangan basketnya juga .. Cinta lah....Tapi kok mahal juga yaaaa....PG nya hanya berdurasi 4 bulan..oke saya ngerti, karena biasanya anak balita cepet jenuh n bosan jadinya pihak sekolah hanya membuat durasi 4 bulan saja...tapi masa kalo mau terus PG di bulan ke 5, tetep bayar uang pangkal lagi ya? Huhu... Jadi kalo di bandingin sama Nurul Fikri, bersekolah PG selama 1 tahun (lengkap dengan bayar SPP per bulan) maka harganya beda tipis sedikiiit aja mahalan NF sedikit... Nah, terlihat untuk PG Semut-Semut, harganya terjangkau...tapiiiii pas masuk ke TK A, haduh harganya udah ga kuat untuk uang pangkalnya...padahal saya jatuh cinta sama sekolah ini...lingkungan asri, luas,bersih..pokoknya sesuai banget untuk karakternya Dhanu...Nah tapi yang kedua adalah, ketika naik ke TK A, Dhanu usianya 3 tahun 8 bulan..nah sedangkan syarat di Semut-Semut untuk naik ke TK A itu usia 4 tahun...dan Dhanu akan di evaluasi ketika naik TK A..aduh saya jadi jiper duluan...Oya PG sekolah seminggu 3x, cukup manusiawi...
Harga 2016
a. Sit in : Rp.500.000
b. Uang daftar PG untuk 4 bulan : Rp. 3.500.000
c. SPP per bulan khusus PG : Rp. 600.000
d. Seragam : Rp.200.000

3. Khonsa (Survey langsung & Telp)
Menggunakan sistem sentra,rekomendasi dari ibu2 di Theurbanmama.com. Tidak ada kelas yang tertutup, semuanya terbuka...tempat outdoor lumayan luas dan ada mainannya (seperti jaman TK saya) tapi sayangnya langsung ke tanah...coba di konblok, akan terlihat lebih rapi...di belakang juga ada outbond kecil gitu...jaring2 gitu,tapi sayang tidak di konblok lantainya...
Sit in nya juga free, selama 4 hari, asalkan menghubungi ibu Kepseknya dulu...PG sekolah setiap hari yaa
Harga 2016
a. Dana Pembangunan (uda termasuk seragam,sarana prasarana, SPP 1 bulan)1 th : Rp. 8.370.000
b. SPP Bulanan : Rp. 570.000

4.TKI Pondok Duta
Salah satu PG harga terjangkau rekomendasi dari ibu2 di Theurbanmama.com. Harganya juga terjangkau sihhh..hanya punya satu akses pintu masuk dan keluar...dan harus melewati SDIT nya dulu (yang hectic saat jam anak istirahat)..agak jauh jadinya menurut saya...Ruang kelasnya rapi dan bersih, taman bermain outdoornya kecil tapi masih okelah...sistem pengajarannya menggunakan kelas dan setiap 2 minggu sekali ada kegiatan renang (waaaah saya tertarik banget nih)..Nah saya sempat nanya2, apa sih bedanya pengajaran sentra dan kelas? Menurut ibu gurunya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2, tidak ada yang superior di atas segalanya...dan sistem sentra itu sudah ada 10 tahun yang lalu...hoo gitu, saya kira sistem sentra lagi ngetrend sekarang...maklum, baru punya anak 1 yang baru mau masuk sekolah hihi...jadi baru tau... semester 1 PG sekolah seminggu 3x, semester 2 nya tiap hari dengan jam pulang sekolah pukul 10.00, waaaa manusiawii bangettt...
Harga 2016
a. Dana Pembangunan (uda termasuk seragam,sarana prasarana, SPP 1 bulan)1 th : Rp. 2 juta sekian
b. SPP Bulanan : Rp. 311.000 (kurang lebih)


Sebenernya sih dari semuanya, saya dan suami suka dengan Nurul Fikri & Semut2...tapi dompetnya ga suka haha...takutnya bisa masuk PG tapi ga bisa sekolahin SD nya, metong banget kan...

 Saya jadi teringat sodara saya, yang memiliki 5 anak dan semuanya dimasukkan ke Al Jabr (dan 2 anaknya yang lain akhirnya dimasukkan ke sekolah negeri juga), di tengah perjalanan (karena anaknya banyak) akhirnya anak pertamanya disekolahkan ke SMUN Negeri dan mengakibatkan kemampuan conversation bahasa Inggrisnya menurun drastis dan harus mengejar sistem pendidikan negeri yang maenan hapalan dan banyak PR ( sesungguhnya saya benci PR dan sekolah negeri karena maenannya hapalan terus, yang mengakibatkan saya ranking bontot melulu haha dendam pribadi)....Dan yang saya baca, Al Jabr kan berbasis IB yah...nah kalo sekolah basis IB maka harus sekolah dari A-Z disitu terus, hamsyong banget kan...Tapi yang basis IB ini baguuuuuuuuuuusssss banget..yah ada harga ada rupa yah...sepertinya golongan staf seperti kami ini memang bukan target market sekolah2 tserbut haha....ini sih sekolah para big boss..


Akhirnya kami beralih mencari Playgroup yang menengah seperti Khonsa, TKI Pondok Duta dst ..Dan saya menjatuhkan pilihan pada ............................ (masih mikir2...nanti di update yah haha)...

11 komentar:

  1. Hai mb..akhirnya anaknya sekolah PG dmn? Anak saya juli kmrn masuk di PG TKI Pondok duta..jangan2 1 sekolah yaa..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal...ak akhirnya masuk di tkit pondok duta agust'16, jangan2 1 kelas..hehe

      Hapus
  2. Pondok duta sama khonsa itu sekolah sentra jugakah mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tkit pondok duta sistem kelas, kalo khonsa sistem sentra,semoga membantu

      Hapus
  3. Jd anaknya sekolah dimana bund? Klo anak saya dua2nya di TKIT al huda di deket masjid timah. Lumayan juga

    BalasHapus
  4. Jd anaknya sekolah dimana bund? Klo anak saya dua2nya di TKIT al huda di deket masjid timah. Lumayan juga

    BalasHapus
  5. Mungkin bisa kontak ke sekolahnya, cari di www.edumor.com dlu

    BalasHapus
  6. Hi mba aku mo masukin anakku ke tk a pondok duta nya nanti, tapi ternyata satu kelas 25 anak loh. Rame bgt ga sih? Meskipun gurunya 2 orang tapi menurutku keramean. Ada info tk lagi ga bu?

    BalasHapus
  7. Hi mba aku mo masukin anakku ke tk a pondok duta nya nanti, tapi ternyata satu kelas 25 anak loh. Rame bgt ga sih? Meskipun gurunya 2 orang tapi menurutku keramean. Ada info tk lagi ga bu?

    BalasHapus
  8. Mba maaf tahun 2016 jadinya uang masuk brp, uang spp brp ya?
    Stlh sekolah disana gmn menurut mba kualitasnya?

    Ponakan saya ud 2 thn balistung di TK humaira, rencananya tahun ini mau masukin TK tp bingung lanjut humaira atau TK pondut. Mau lanjut humaira tp saya was2 guru balistung yg kelas skrg rada galak sama ponakan saya, emang sih karna si ponakan banyak bengong di kelas mnrt saya efek abis ditinggal meninggal ibu n adeknya. Nah gara2 itu saya pengen pindahin aja ntar TK nya.
    Mohon info biayanya ya. Makasi

    BalasHapus
  9. Mbak mau tanya PG alfa alamatnya dmn y? Makasih

    BalasHapus