Kamis, 28 Maret 2013

Saos Tomat Buatan Sendiri (1)

Lihat resep saos tomat made in sendiri dari Mba Thea di Urban Mama, tertarik pengen coba...
Soale yang alami lebih bagus kaaan ?

Saat saya membuat, saya bingung, kok penampakan saos tomat saya ngga sekental punyanya mba Thea ya ? atau tidak sekental saos tomat botolan..ga ngerti kenapa

Soal rasa ? pas, asem manisnya, apalagi dengan penggunaan stroberinya yang kasih warna merah meruah...tapi saya ngerasa kurang pas gitu, karena patokan saya saos tomat yang enak itu rasanya seperti saos tomat botolan (hihihihi...maksa banget yahhh) dan saos ini ada grindil2 dari biji stroberinya itu (saya ngga saring sih)...hmmm,kenapa yah? ada yang salah kayanya sama lidah saya,hahahahha...

Sori penampakannya ga ada,saya terlalu males foto waktu itu :D

Bahan:
  • 500 gram tomat masak
  • 100 gram strawberry
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak zaitun
Bumbu:
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
Cara membuat:
  • Rebus air sampai mendidih.
  • Masukkan tomat. Jerang sampai setengah lunak lalu masukkan strawberry.
  • Setelah tomat dan strawberry lunak, angkat dan tiriskan. Sisa air rebusan jangan dibuang.
  • Haluskan tomat dan strawberry.
  • Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai wangi.
  • Masukkan tomat dan strawberry yang sudah diblender dan sisa rebusan air.
    Jerang di atas api kecil sekitar 30 menit sampai mengental. Jangan lupa aduk sesekali.
  • Jika sudah kental, matikan api. Saus tomat siap digunakan.
Note : Penggunaan stoberi bisa di skip dan digantikan dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar