Jumat, 16 November 2012

Ayam Tulang Lunak (2) (Plus di Bakar)

Kenapa judulnya ada (2)? karena saya pernah membuat sebelumnya,hasilnya tulang lunak tapi dagingnya hancur,hiks...

Nah yang sekarang kebaliiiik,sedih deh....tulangnya ga lunak tapi dagingnya ga terlalu hancur...nah, yang saya pelajari kegagalan dan sekaligus kesuksesan saya karena :
1. Waktu prestonya cuma 1 jam
2. Kurang banyak air saat mengungkep ayam prestonya, seharusnya terendam semua, nah saya cuma setengah bagian ayam doang ngerendemnya....kirain bakal lunak tulangnya,ternyata ngga,hiksss
3. Dagingnya ngga hancur karena penggunaan ragi instant
4.Terasa lebih gurih, karena penggunaan santan

Well next time better deh!
Oh ya, saya ngegabungin dua resep nih....resep ayam presto kuning dari Nunung's Kitchen terus sebagian ayamnya saya mau buat bakar,dan resep saus bakarannya saya ambil dari Estherlita Suryoputro
Dan,rasanya mantappppppp!! mpe suami aja nambah dan bilang "tumben masakan kamu bener" hahahahhahaahaha....



Resep ayam presto kuning di dapat dari Nunung's Kitchen

Bahan :
1 ekor ayam
1 sdm ragi instant
1 btg serai memarkan
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
500 ml santan
600 ml minyak goreng

Bumbu halus :
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sdt
Kemiri 4 butir
Kunyit 2 cm
Jahe 2 cm
Garam ½ sdm

Cara Membuat :
Cuci bersih ayam, tusuk-tusuk ayam dengan garpu
Taburi ayam dengan ragi instan lalu diamkan 5 jam
Lumuri ayam dengan bumbu halus hingga merata. Diamkan kembali selama 1 jam hingga bumbu meresap.
Masukkan ayam berbumbu ke panci presto, tuangi santan. Tambahkan serai, daun salam dan lengkuas. Masak selama 1 jam hingga ayam dan tulangnya lunak.
Keluarkan ayam dari panci presto lalu dinginkan. Goreng ayam hingga matang dan kering.

Untuk Bumbu Kremesannya (ga pake)
Bahan :
Kunyit 1 cm, haluskan
Bawang putih 3 siung, haluskan
Kemiri 3 butir, haluskan
Garam ½ sdt
Kaldu cair 200 ml
Tepung kanji 50 gr
Telur ayam 1 butir
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali minyak goreng. Aduk hingga adonan rata dan kental. Panaskan minyak goreng. Masukkan satu sendok sayur adonan tepung. Goreng hingga kremesan kering dan mengapung. Angkat. Tiriskan.
Sajikan untuk taburan ayam tulang lunak.

Resep Saus Bakar Kecap dari Estherlita Suryoputro
  
Bumbu kecap (agak pedas )
1 sdm mentega.
2 buah bawang merah, iris tipis.
2 buah cabe rawit, potong empat.
4 sdm kecap manis.
1 sdm saos tomat.
½ sdm air jeruk nipis.
3 lembar daun jeruk

Saus bumbu kecap:
  • Tumis bawang merah dengan mentega, asal saja (maksudnya, gak perlu kering kecokelatan, asal langunya hilang).
  • Masukkan daun jeruk, cabe rawit, kecap manis dengan saos tomat.
  • Didihkan, lalu masukkan air jeruk nipis, dan aduk rata.
  • Siramkan pada ayam tadi dalam keadaan saus kecap panas-mendidih.
  • Diamkan sekitar 15 menit, agar bumbu meresap pada ayam.
  • Bakar ayam sesuai selera, hingga kecoklatan.

7 komentar:

  1. resep dan tips menarik untuk dicoba

    BalasHapus
  2. ragi kue atau ragi tape yang ditambahkan di panci presto?

    BalasHapus
  3. saya pakai ragi kue mba...merek fermipan

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Bagi yang bingung ingin membuka usaha presto silahkan klik Sukses Usaha Presto Dengan Menggunakan Panci Presto Semoga Sukses. :)

    BalasHapus
  6. GOLDENQQ - Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker online | Agen BandarQ

    Bandar Poker Online Terpercaya
    Bandar Poker Online
    Agen Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Uang Asli
    Agen BandarQ Online
    Agen BandarQ,
    Agen Domino Online

    GoldenQQ adalah sebuah website Bandar Poker Online Terpercaya serta terbaik dan juga Poker Online Terpercaya, Sebagai partner Agen Poker Online Terpercaya dan Agen BandarQ Online Terbaik. Goldeqq Juga sebagai website Agen BandarQ dan Agen Domino Online yang menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di GoldenQQ

    BalasHapus
  7. TIKIQQ.COM - Agen BandarQ | Agen DominoQQ | Domino99 | DominoQQ | Domino Qiu Qiu | Qiu Qiu Online
    Agen Bandarq
    Bandarq
    Domino99
    DominoQQ
    Domino Qiu Qiu
    Agen Domino99
    Agen DominoQQ
    Agen Domino Qiu Qiu
    Qiu Qiu Online
    TikiQQ Adalah Agen BandarQ, Agen DominoQQ Terbaik Dan Terpercaya Saat Ini Dengan Pelayanan Transaksi Yang Super Cepat Selama 24 Jam NonStop Dan Persentase Kemenangan Yang Tinggi Dan menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Dan Domino Dengan Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di TIKIQQ

    BalasHapus