Senin, 06 Juni 2011

Bakpia Pathok


Pastry sederhana ala Indonesia van Java,hehehehe....hum, tapi kalo saya kira2 nih, Bakpia Pathok ini ada pengaruh kuliner dari China, seperti lumpia Semarang itu lohhh....

Bikin bakpia ini susah-susah gampang....gampangnya saat nimbang2, ngadon, ngulenin, masukin isian...susahnya??ngematenginnya,hehehehheh...bakpia saya ada yang warnanya coklat gosong, coklat muda dan coklat puceeeeeet banget....:D

Resep ini saya dapat dari Din-Din dan saya coba2 buat isian yang keju, resepnya dari info resep tapi saya modifikasi takarannya, kalo yang keju, pas di makan panas2 langsung dari oven, kejunya meleleh.....lumer di mulut,hmmmm enaaaaaak...gimana kalo kejunya pake edam atau mozarella yah???glekkkh'

Soal rasa? enak laaaah, maknyussss

Bahan2 :
BAHAN A :
  • 250gr tepung terigu cakra
  • 1 sdm mentega putih
  • 50 gr gula tepung (saya pake 30 gr)
  • 140 ml susu cair
BAHAN B :
  • 250 gr tepung terigu cakra
  • 100 gr minyak goreng
  • 1/4 sdt garam
BAHAN ISI KACANG IJO STANDAR:
  • 50 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam (saya rendam semalaman)
  • 75 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/8 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 gr gula pasir
BAHAN ISI KACANG IJO KEJU :

  • 50 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam (saya rendam semalaman)
  • 75 ml susu cair
  • 3 sdm susu bubuk
  • beberapa tetes vanila essens
  • 50 gr gula pasir
  • 70 gr keju cheddar parut
Cara Membuat :
Isi :
Isian kacang ijo standar :
  • Kukus kacang hijau selama 15 menit.Angkat.
  • Masak bahan-bahan lainnya bersama kacang hijau yang sudah dikukus sampe kalis. Sisihkan, bentuk bulat.
 Isian kacang ijo keju :
  • Kukus kacang hijau selama 15 menit.Angkat.
  • Masak bahan-bahan lainnya bersama kacang hijau yang sudah dikukus sampe kalis. Matikan api, masukkan keju parut, aduk rata.Sisihkan, bentuk bulat.
Adonan A:
  • Uleni bahan A sampai kalis.
Adonan B :
  • Aduk semua bahan B sampe bergumpal.
Penyajian :
  • Timbang adonan A masing-masing 20 gram dan adonan B masing-masing 10 gr.
  • Pipihkan adonan A, masukkan adonan B di dalamnya, bentuk bulat...demikian seterusnya sampai adonan habis.
  • Pipihkan Adonan A yang sudah bercampur dengan adonan B, isi dengan adonan isi, bulatkan.
  • Letakkan di loyang tanpa dioles margarin.
  • Oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 10 menit, lalu keluarkan dari oven dan balik, masukkan lagi ke dalam oven selama 10 menit. keluarkan lagi dan balik lagi masukkan ke oven dan biarkan 5 menit, keluarkan lagi dan balik lagi, lalu masukkan ke dalam oven selama 5 menit lagi.
  • Siap dihidangkan!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar