Selasa, 23 Juli 2013

Rujak Serut

Pengen banget rujak seruuuuuuuut.......waktu itu dikasi sodara dan enakkkk banget...dikasih resepnya lah saya trus saya penasaran kan, temen juga kasih rujak serut ke saya dan saya minta resepnya juga dan voilaaa resep ini penggabungan dari keduanya, dan rasanya, mak nyussssss :D

Dalam pengumpulan bahan2 buah mengkalnya, saya juga dibantu sama sodara2 haha, makasi yaaa semoga amal ibadah dibalas sama yang diatas.....karena entah ya, rada sulit cari buah2nya, apa gara2 musim yg ga tentu ya sekarang ini ?? kedondong kualitasnya ga oke, kweni susah bgt dicari, ubi banyak yang hitam2, gapapalah, sing penting jadiiii :D

Saya ga pake timun, pepaya n nanas yah...karena pantangan bumil :)..tapi kata teman saya timun dan nanas itu bisa bikin cepat basi juga sihhh..padahal saya kan mo bikin stok buat seminggu hehe

mmm,saya dah males foto2 jernih, haha sekarang asal jepret aja deh, yg penting rasanya enakkkk..


Oya, untuk bumbu2 ini kira2 aja yah, jadi kalo dirasa kurang ya silakan di tambahin lagi, hehe...

Bahan2 Buah mengkal (kupas semua):
  • 1 kg mangga (saya pake kweni, dia kasih wangi yang enaaak banget soale)
  • 1 kg bengkoang
  • 1 kg ubi merah
  • 1/2 kg kedondong
Bahan2 Gula :
  • 3 bulatan besar gula aren (gula jawa jg bisa,ukuran gulanya terserah yaa)
  • sedikit air, untuk merebus gula (gausah banyak2 karena dari gulanya juga akan mencair)

Bahan2 lainnya :
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm terasi matang (terasi oven/terasi yang udah di sangrai sebelumnya)
  • Asam jawa (pilih yang asamnya warna kuning, nah lo saya ga ngerti ni bentuk asam jawa kuning...saya pakenya asam jawa yang hitam biasa untuk masak itu)
  • 4 bh cabe keriting merah
  • 10 bh cabe rawit

Cara membuat :
  • Cuci bersih buah mengkal dengan air mentah,tiriskan
  • Cuci lagi, kali ini pastikan benar2 bersih, dengan air hangat,tiriskan
  • Serut buah dengan serutan khusus.Pisahkan masing-masing buah saat menyerut, jangan di campur.
  • Sementara itu, buat air gulanya : rebus api kecil gula aren dengan sedikit air. Setelah mendidih dan mencair, matikan api, sisihkan, tunggu sampai dingin
  • Rebus cabe keriting dan cabe rawit dengan sedikit air, angkat setelah mendidih, sisihkan (airnya jangan di buang)
  • Ulek terasi matang,garam dan cabe keriting sampai halus (cabe rawit jangan dimasukin yahhh),campur dengan asam jawa dan tuangi air cabenya,aduk2 sampai rata & larut dan campur dengan air gula,aduk rata lagi,saring supaya kotorannya tidak ikut tercampur
  • Pada panci besar, campur semua buah yang udah di serut jadi satu, tuangkan air gula yang sudah disaring. Masukkan cabe rawit utuh, aduk merata. Diamkan di kulkas
  • Siap di maeeeem

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar