Rabu, 19 September 2012

Oleh-Oleh dari Gresik

  1. Petis
         Sukaaaaa banget petissss.....makanan favorit saya ya tahu petis, tahu telor, tahu campur, dst dehhh yang berbau petisss....dulu saya pernah beli petis buatan Pontianak tapi kurang suka karena ga manis dan rada pait....nah saya di kasih bumbu petisnya sama temen kantor yang emang asalnya dari Gresik...katanya petis ini enaknya buat cocolan, kurang enak buat dimasak..hmmm, saya ga ngerti dehhh...tapi emang karena saya sukanya praktis...petis ini saya jadiin cocolan temennya nasi dan bentulnya kentel banget gak cair beda lah sama bumbunya bandeng asap...lupa diet dehhh...bayangin deh, nasi panas mengepul pake telor ceplok dicocol petis.....maknyuuuuus!Oh ya, merek bu Muzanah tu emang ciri khas Gresik (taunya stelah browsing,hehe)

   
    2.  Otak-Otak Bandeng Goreng
         Otak-otak bandeng ini ga beli di airport...tapi belinya di Rumah Makan Pak Elan II, Gresik....Rumah Makan ini tersohor banget dehhh....kata temen saya yang asli Gresik en Pak Bondan Winarno....uhuyyy, saya di bawain deh...ehhhh tapi bukan yang bakar tapi yang goreng...Okey, menurut saya, dari size si bandeng, masih gedean bandeng yang beli di airport ...otak2nya Pak Elan kecil bangettt...dari soal rasa, masih kerasa gurih & juicy otak2 versi bakar yang beli di airport itu..otak2 goreng ini kerasa kesat..yah mungkin karena di goreng yagh...trus ini dia yang beda, cocolan sambelnya, dia pake sambel cair yang terbuat dari petis, cabe en kaccang...enak dehhh, beda aja rasanya


     3. Pudak
         Kalo menurut saya pudak itu sejenis dodol yah...soale pernah buat pudak jagung,,,,heheh...sama ga sihhh??? kebetulan saya ga suka dodol, kurang suka gitu deh...tapi katanya si rasanya kaya ketan gitu, manis2 gitu....nah kalo saya bilang sih kaya bubur sumsum dipadatin..karena warnanya putih en wanginya juga mirip


     4.  Keripik2an
          Salah satunya kripik bayam en kripik ikan yang bentuknya panjaaang banget, gatau ikan apaan...ga ada tulisannya juga di packagingnya...kripik bayamnya berasa kaya nori,hehehehe...nah kalo kripik ikannya enak banget di campur sama nasi :)


     5. Bandeng Asap
          Saya baru tau kalo Bandeng asap itu khas Sidoarjo...tapi di Gresik juga di jual, yaitu di pusat oleh-oleh Ibu Muzanah...rasanya???duh...menurut saya sama aja, sama enaknya...wangi smokey bandeng dipadu sama bumbu cair petis....aduuuuuh ngangeniiiiin.....

     6. Kerupuk Ikan
    Belum pernah makan kerupuk ikan....bentuknya kaya kerupuk udang dan mentahnya aja wangi ikan..dan rasanya lumayan enak juga kokkk
     

1 komentar: