Rabu, 27 Agustus 2014

RESEP MPASI

Kali ini saya mau share beberapa resep MPASI yang sudah di praktekkan...tapi minus foto ya, ribet euy hehe...

1. TELUR KUKUS (mulai 7 bulan) Resep dari Sari,temen kantor
Bahan2 :
a. Merah telur ayam kampung , 1 butir
b. 30 ml saripati ayam

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit
c. Sajikan pake sendok deeeh

Note :
 Mas Dhanu sukaaa bangetttt...mpe mangap2 di sela2 GTM nya, sampe nunjuk2 segala kepengen disuapin lagi...hehehe...

2. SETUP APEL (mulai 6 bulan) Resep dari Mamaku Koki Handal Mpasi Perdana Cihuy!
Bahan2 :
a. Apel merah 1 buah
b. Pir 1 buah (ga pake)
c. Sejumput kayu manis bubuk

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit atau sampai lembek dan mengeluarkan air
c. Dinginkan, taruh di dalam tupperware steril. Masukkan kulkas bawah tahan 2hari
d. Penyajian untuk baby 6 bulan : disaring . Untuk Baby Led Weaning : kasih langsung tar dia gigit2 sendiri

Note :
 Mas Dhanu sukaaa bangetttt...sampe nunjuk2 melulu, pinterrrr...sehat dan soleh ya sayangg

3. MAKARONI SCHOTEL (mulai 8 bulan), jadi 1 porsi
Bahan2 :
a. Merah telur ayam kampung , 1 butir
b. 30 ml saripati ayam
c. Keju prochiz parut secukupnya
d.Wortel parut secukupnya
e.Makaroni elbow 1 sdm rebus sampai empuk menggunakan kaldu daging,angkat,tiriskan

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit/sampe mateng

Note :
Saya gak pake susu, maklum alergi...jadinya ya pake saripati ayam aja,hehe... Mas Dhanu sukaaa jugaaa...alhamdulillah...dia mau ngegigit n nguyah...nyoba kasih keju ealaaah bocahe masih alergi thooo...okelah skip dairy product lagi

4. KUE CAKE OAT APEL KUKUS (mulai 8 bulan)
Bahan2:
a.1 buah apel yang dikupas dan diserut
b.3 sdm tepung oat (saya grinder oatmeal, pake 1 sdm aja karena ngetes,,,kalo 3 sdm takut kebanyakan)
c.1 sdm unsalted butter (saya pake minyak flaxeed)
d.1 bh kuning telur

Cara pembuatan:
 a. Campur jadi satu semua,aduk2
b. Tuang diatas cetakan
c. Kukus 15-20 menit
d. Sajikan....

Note :
Mas Dhanu kayanya doyan, secara dia mangap2...tapi pas suapan ke 5 dia muntah2..maklum grok2 dari sakit batpil nya belum ilang,huhuhu....dan saya nyuapinnya juga di RSIA yang lagi ruameeeeee bangetttt..yang ada Mas Dhanu maunya nenen terus...huhuhu...kue buatanku terbuang sia2,ihiksss...cepet sembuh dong maaas...

5. PUDING ALPUKAT (mulai 8 bulan)
Bahan2 :
a. Agar2 swallow globe 1 pcs, di pecah2 jadi 10 bagian...Ambil 1 bagian aja, sisanya 9 bagian untuk stok
b. 1/2 buah alpukat,kerok semua,bejek2
c. Air 150 ml

Cara membuat :
a. Campur jadi satu agar2 dan air, aduk sampai mendidih 2x angkat, tunggu agak dingin sedikit, masukkan alpukat, aduk2
b. Diamkan sampai mengeras
c. Sajikan dengan cara diparut

Note :
Mas Dhanu suka lagiiii....alhamdulillah...resep ini untuk 1 porsi makan yahhhh

6.  BUMBU SOTO (8 bulan), dari buku Resep Mpasi Perdana Cihuy, tapi takerannya rada lupa hehe...bukunya entah dimana, jadi rada di modifikasi sedikit
Bahan2 geprek :
a. 1 pcs serai,geprek
b.1 iris lengkuas, geprek
c. Daun salam 1 lembar
d. Daun jeruk 1 lembar

Bahan2 ulek halus:
a. 3 pcs bawang putih
b. 2 pcs bawang merah
c. 1 cm kunyit
d. 1 sdm margarin
e. 6 butir ketumbar
f.Air 100 ml

Cara membuat;
a. Tumis bahan2 ulek dan bahan2 geprek dengan margarin sampai harum
b. Masukkan air, aduk rata
c. Tunggu sampai air menyusut, angkat,dinginkan
d. Bumbu ini bisa dimasukkan saat membuat sop/kaldu...kalau saya, saya masukkan ke plastik2 kecil lalu di bekukan. Ketika dibutuhkan, ambil 1 plastik kecil dan campur dengan 1 plastik kecil kaldu beku, hangatkan dan berikan ke bayi

Note :
Wangi soto banget, mas Dhanu jadi antusias maemnya...secara yaaa gurih bangett

7. BUMBU GURIH
Bahan2 :
a. 4 Bawang merah
b. 4 bawang putih

Cara membuat:
 a. Goreng sampai kering bawang merah dan bawang putih. Goreng tersendiri yah, secara bawang putih itu cepat matang dan cepat gosong, sedangkan bawang merah lama sekali matang.
b. Tiriskan, tunggu sampai dingin
c. Ulek halus bawang merah dan bawang putih goreng
d. Seperti biasa, masukkan ke plastik2 kecil lalu di bekukan. Ketika dibutuhkan, ambil 1 plastik kecil dan campur dengan 1 plastik kecil kaldu beku, hangatkan dan berikan ke bayi

Note :
Gurih dan wangi....nambah napsu maem Mas Dhanu

8. AGAR2 KENBIT
Bahan2 :
a. 1/2 buah kentang kukus, haluskan
b. 1/2 buah bit mini,kukus, haluskan
c. 1/10 bagian agar2 swallow globe
d. 1 iris jahe
e. 150 ml air

Cara membuat :
a. Campur agar2 dengan air dan jahe, rebus sampai mendidih
b. Masukkkan kentang dan bit yang telah dihaluskan,aduk2
c. Tuangkan ke cetakan, untuk 1 porsi, tunggu sampai dingin
d. Sajikan dengan cara diparut

Note :
Sebenernya Mas Dhanu suka, karena teksturnya beda......tapi saya kasih disaat dia lagi sakit demam, ya udah deeeeh dilepeh aja...ihikss..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar